ASAHAN - Memasuki adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi Covid-19, Bupati Asahan, H. Surya BSc mengajak para pramuka untuk menjadi duta perubahan perilaku.

Hal itu diutarakannya saat memimpin upacara Peringatan Hari Gerakan Pramuka Ke-60 Tahun 2021 Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Asahan di Halaman Kantor Bupati Asahan menyampaikan amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn), Drs Budi Waseso, Selasa (7/12/2021).

"Memasuki adaptasi kebiasaan baru, saya mengajak para pramuka untuk menjadi duta perubahan perilaku dan diharapkan pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19," harap Bupati Asahan.

Lebih lanjut, Bupati Asahan yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Asahan saat menyampaikan amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengatakan, setelah pandemi Covid-19, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah membentuk satuan tugas untuk membantu menanggulangi Covid-19.

"Berbagai hal telah dilakukan mulai pembagian alat pelindung diri, melaksanakan vaksinasi untuk anggota gerakan pramuka dan lainnya," tuturnya.

Selain itu, H. Surya mengajak kakak-kakak dan adik-adik pramuka agar terus berkegiatan kepramukaan, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Salurkan kreativitas kakak-kakak dan adik-adik dengan membuat kegiatan kepramukaan yang tak melanggar protokol kesehatan, namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira," ujarnya.

Bupati juga berharap, gerakan pramuka tetap berkegiatan kepramukaan akan menumbuhkan semangat yang juga meningkatkan imunitas tubuh. Hal yang juga penting dalam menjaga kesehatan, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

"Mari kita peringati 60 Tahun Gerakan Pramuka ini dengan tetap bersemangat, tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan dan tetap berusaha membantu mereka yang memerlukan pertolongan kita. Jangan pernah menyerah serta berputus asa. Melainkan kita tunjukkan bahwa pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti," ujarnya.

Sebelum membacakan amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Bupati Asahan berkesempatan memberikan penganugerahan tanda penghargaan Gerakan Pramuka Tahun 2021 Kwarcab Pramuka Asahan kepada Taufik Zainal Abidin Siregar S.Sos MSi selaku Darma Bakti, Endang Priadi SPd, Panca Warsa VI, Suardi SPd selaku selaku Panca Warsa V, Efrizal SPd selaku Panca Warsa II, Nurazmah SPd MPd selaku Panca Warsa I, Joko Prastyo selaku Panca Warsa I, Suri Rikawati SPd selaku Panca Warsa I dan Muhammad Idris Hasibuan, SSos, MSi selaku Panca Warsa I.