MEDAN - Tiga pemuda asal Sumatera Utara (Sumut) berasil meraih juara 1 (satu) di ajang perlombaan Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) kategori Purwarupa yang di gelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Ketiga pemuda itu bernama Ika Adellia Tanjung, Al Zuhri dan Mikhael Saor. Mereka berhasil menyisihkan ratusan peserta yang berasal dari berbagai komunitas di Indonesia.

"Allhamdulilah, gak menyangka bisa juara," kata Ika Adellia Tanjung (21) wanita kediaman di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Jumat (3/12/2021).

Ika mengaku bangga sebab bisa mewakili  Sumatera Utara dan berhasil merebut juara satu. Setelah sekian lama mengikuti serta proses perlombaan.

Sementara itu, Al Zuhri dan Mikhael Saor turut senang dan terharu. Kini perjuangan mereka membuahkan hasil yang memuaskan. Ucapan selamat pun mereka tuai baik teman komunitas maupun pihak terkait.

Peserta yang ikut dalam ajang perlombaan itu bukan hanya di Sumut, tetapi berbagai komunitas yang ada di Indonesia. Ini artinya, mereka pemuda dari Sumut juga mampu bersaing di tingkat nasional hingga internasional.

Diakui mereka prestasi itu akan menjadi motivasi baginya untuk terus berkarya di segala bidang nantinya. Hal ini memang tidak terlepas dari niat, perjuangan hingga doa untuk meraih hasil baik di ajang lomba.

Kemudian saat itu juga, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan program Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) 2021 mengangkat potensi desa ke panggung dunia.

"KBKM 2021 menjadi semakin bermakna karena selain digelar pada masa pandemi, para peserta membuat inovasi baru yang fokus mengembangkan potensi dan memecahkan persoalan di desa-desa.

Sebab, lanjutnya selama ini banyak inspirasi dari desa yang belum tergali. Potensi teman-teman membuatnya yakin Indonesia akan unggul di panggung dunia.