PALAS - Upaya mengejar target pencapaian vaksinasi 70 persen, membuat Polres dan Pemkab Padanglawas (Palas) menggempur sasaran vaksin dengan menerjunkan tim vaksinator Poldasu dan petugas kesehatan ke desa desa dan kelurahan. Strategi ini salah satu terobosan yang dilakukan Polres Palas dalam mengejar target cakupan vaksinasi Covid-19 dengan mengajak warga ke sentra vaksinasi yang dilaksanakan secara massal di desa dan kecamatan.
 
Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan melalui Kasat Binmas Iptu Rahmad Saleh Nainggolan mengatakan, tim vaksinator Poldasu bekerjasama dengan tim Dinas Kesehatan terus mengebut vaksinasi ke pelosok desa untuk mencapai target sebesar 70 persen.
 
Pelaksanaan vaksinasi di beberapa titik lokasi desa terus dipantau yang dibarengi dengan memberikan edukasi dengan sistem gempur yang sangat efektif untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi.
 
"Pelaksanaan vaksinasi hari ini digelar di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Barumun Selatan dan Ulu Barumun dengan basis fasilitas pelayanan kesehatan untuk mensukseskan program vaksinasi," kata Rahmad, Jumat (3/12/2021).
 
Menurutnya, metode gempur vaksinasi berbasis fasilitas pelayanan memberikan kontribusi positif sebagai alternatif mengejar target vaksinasi yang tepat sasaran memenuhi pencapaiannya.
 
Kata Rahmad, dukungan kemitraan baik berupa tempat layanan, tenaga tim vaksinator, edukasi dan mobilisasi masyarakat, sarana dan prasarana cukup efektif untuk mempercepat target vaksinasi.
 
"Saya bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Kepala Desa serta perangkat secara langsung memantau pelaksanaan vaksinasi di desa desa di dua lokasi kecamatan berbeda yang melaksanakan vaksinasi massal," ujarnya.
 
Ia  mengakui, dengan metode gempur desa untuk sasaran vaksin terlihat  antusias dan partisipasi warga untuk ikut vaksinasi cukup baik. Oleh karena itu, Polres Palas dan jajarannya mendorong pelaksanaan vaksinasi secara massal dari desa ke desa.
 
“Tenaga kesehatan dan vaksinator kita sebar, hingga ke desa desa untuk mengejar target cakupan vaksinasi untuk mencapai 70 persen hingga akhir tahun ini," tambahnya.
 
“Kontribusi para nakes dari Dinas Kesehatan hingga Puskesmas bekerjasama dengan tim vaksinator Poldasu sangat luas biasa," ucap Kasat Binmas Polres Palas.
 
Rahmad menambahkan, nakes ini merupakan pahlawan kemanusiaan, karena berjibaku demi terwujudnya capaian vaksinasi di daerah ini sebagai bentuk pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat agar tetap sehat.
 
Disisi lain, berkaitan dengan dropping vaksin untuk vaksinasi massal ini, Rahmad  mengungkapkan bahwa kondisi stok terbilang aman.