SERGAI - Balai Rehabilitasi narkoba milik Yayasan Cahaya Hati Kemanusian di Dusun III, Desa Pematang Guntung, Kecamatan Teluk Mengkudu, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Selasa (30/11/2021) akhirnya diresmikan.


Balai rehailitasi ini dikelola seorang perawat bernama Tety Hariani Panjaitan. Dia adalah seorang perawat berjiwa mulia yang bertugas di Serdang Bedagai.

Peresmian tersebut di hadiri Bupati Sergai H Darma Wijaya melalui Asisten I, Nina Adelina, Kadis Sosial, Arianto, Kepala BNNK Sergai, Pinondang Poltak Marganda, Kapolsek Teluk Mengkudu, AKP J Sagala, Camat Teluk Mengkudu, Sri Wahyuni, Kepala Desa Pematang Guntung, Juni, UPT Pukesmas Teluk mengkudu, Koramil 09/TM.

Dalam kesempatan ini, Pemilik Rehabilitasi Narkoba Yayasan Cahaya Hati Kemanusian, Tety Hariani Panjaitan mengatakan, bangga karena ternyata perjuangannya bisa tercapai sampai di detik ini.

"Walaupun banyak orang berkata tidak mungkin seorang perawat yang kerja di sebuah desa terpencil mempunyai manfaat untuk orang lain, bahkan ada seorang yang besar yang menjadi penyemangat saya adalah orang 'gila' yang mengurusi orang gila," ucap Tety Hariani Panjaitan yang selaku pemilik Rumah Singgah ODGJ terlantar.

Tety juga minta saran dari orang orang yang mempunyai pengalaman lebih banyak dari padanya.

"Rehab kami ini belum sesuai dengan apa yang selama ini yang ada di luar sana, tapi alhamdulillah orang yang baik itu mau mengajari kami menjadi lebih baik lagi," ujarnya.

Untuk itu, dia hanya berharap sampaikan informasi ini bahwa ada seorang perempuan gila yang bisa mengurus orang-orang yang tidak benar dan ingin menjadi benar. "Dan saya hanya butuh orang orang baik untuk mengajari saya," tambahnya.

"Kami sudah merawat 118 ODGJ yang mempunyai latar belakang narkoba dan kami juga mempunyai 40 anak binaan rehab yang sudah kami bina, dan sudah menjadi mahasiswa kembali dan juga sudah ada binaaan kami kembali menjadi pengusaha," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Sergai, Pinondang Poltak Marganda, menyampaikan kagum melihat yayasan cahaya hati kemanusiaan ini.

"Hari ini kita akan meresmikan secara bersama-sama yang diwakili oleh ibu dan bapak sekalian, kita tahu bahwa Kabupaten Serdang Bedagai ini rangking satu dalam kasus penyalahgunaan narkoba di seluruh Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Utara," kata Pinondang Poltak Marganda dalam sambutannya.

"Kita merasa prihatin dan kita menangis. Kenapa? karena seorang ibu yang berhati mulia yang mau mendirikan yayasan rehabilitasi narkoba yang rela menjual tanah, menuangkan segala usahanya guna membantu warga penyalahgunaan narkoba," pungkas Kepala BNNK Sergai.

Di tempat yang sama, Bupati Sergai H Darma Wijaya melalui Asisten I Nina Adelina merasa bangga kepada pemilik Yayasan Cahaya Hati Kemanusian.

"Saya sampai merinding tadi dengar sejarahnya, bagaimana yayasan ini bisa berdiri," kata awal Asisten I, Nina dalam kata sambutannya.