PALAS - Kemunculan harimau sumatera yang berkeliaran disekitar perkebunan dan pemukiman membuat sejumlah warga di Desa Pagaranbira Jae,Kecamatan Sosopan resah dan ketakutan. Pemkab Palas melalui Sekda Arpan Nasution meminta mereka meningkatkan kewaspadaan. Penampakan seekor harimau sumatera ini dilokasi perkuburan umum desa setempat,Jumat(26/11/2021) sekira pukul 18.00 WIB yang sempat dilihat sejumlah warga menimbulkan geger sehingga informasinya beredar luas diwilayah tersebut.

Menanggapi keresahan warga Desa Pagaranbira Jae tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Palas, Arpan Nasution.S.Sos, Sabtu (27/11/2021) bersama Kakan Satpol PP, Agus Saleh Saputra Daulay turun langsung ke desa tersebut dan meninjau jejak lintasan yang dilalui harimau dilokasi perkebunan masyarakat.

Usai kegiatan menelusuri jejak lintasan yang dilalui harimau, Sekda Arpan mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi aktivitas pergi kekebun.

"Pemkab Palas akan berkerjasama dengan Balai Bssar Konservasi Sumber Daya Alam(BBKSDA) Sumut untuk segera dapat menngkap harimau sumatera yang berkeliaran tersebut," terangnya.

Untuk saat ini langkah yang dilakukan pemerintah,lanjut Sekda meminta bantuan BBKSDA,Kepolisian dan TNI untuk menelusuri keberadaan hewan buas bertaring tajam ini agar segera dapat ditangkap.

"Adanya penampakan seekor harimau sumatera ini menimbulkan ketakutan dan rasa cemas warga," imbuhnya.

Ia mengimbau,warga desa agar selalu waspada dan menjauhi hutan serta kalau pergi kekebun jangan sendirian,diusahakan membawa teman dan jangan melakukan aktivitas hingga menjelang senja hari karena keberadaan harimau masih berkeliaran.

Sekda juga mengingatkan, agar warga tetap waspada untuk menjaga keselamatan untuk menghindari konflik antara masyatakat dan harimau.*