LHOKSEUMAWE - Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf menegaskan program pengembangan pendidikan di Aceh Utara difokuskan dikawasan terpencil. Ini sebagai upaya  pemerataan Sumber Daya Manusia (SDM). "Selama ini terjadi ketimpangan kualitas pendidikan antara kawasan perkotaan dan kawasan terpencil, sehingga kualitas SDM masyarakat pedalaman jauh tertinggal dibandingkan masyarakat kota, oleh karena itu diharapkan kedepan titik fokus pengembangan pendidikan didaerah kawasan terpencil Aceh Utara, agar terjadi pemerataan kualitas SDM, " ungkap Wabup Aceh Utara Fauzi Yusuf, saat membuka acara Diklat Pembinaan Komite Sekolah di Hotel Lido Graha, Jumat (26/11/2021). 

Fauzi Yusuf juga mengingatkan,  kepada penyelenggara kegiatan agar Diklat Pembinaan Komite Sekolah tidak hanya sebatas seremonial saja, namun harus ada kelanjutan program. 

"Harus ada kelanjutan program yang dilakukan oleh MPD Aceh Utara maupun Dinas Pendidikan Aceh Utara dan jangan hanya sebatas seremonial, " ungkapnya. 

Kegiatan Diklat Komite Sekolah digelar di dua lokasi masing-masing dihotel Lido Graha dan Wisma Kuta Karang Baru, yang diikuti oleh para Komite Sekolah dan Kepala Sekolah dilingkungan Dinas Pendidikan Aceh Utara. 

Sementara, pemateri dihadirkan dari praktisi pendidikan dan dunia usaha, diantaranya Sumiadi SH MHum mantan dekan Fakultas Hukum Unimal menyampaikan materi tentang Upaya MPD Kabupaten Aceh Utara Dalam Meningkatkan Kepedulian terhadap Pendidikan. 

Sedangkan Dr. M. Nazaruddin Msi, dengan materi Pendidikan Berbasiskan Kearifan Lokal,  Husaini Mpd, menyampaikan materi terkait masalah Sinergisitas Komite Sekolah dan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Bagi Peserta Didik. 

Selanjutnya Dr Sofyan A Gani dengan materi Kedudukan dan Fungsi MPD serta Komite Sekolah dalam Konteks Keistimewaan Aceh. 

Dr. Danial, M. Agar yang juga rektor IAIN Malikusaleh dengan materi Pendidikan Islami sebagai Solusi Generasi Aceh Masa Depan. 

 Jamaluddin M. Jamil, ST MM dengan materi Peran Dunia Usaha Dalam Dunia Pendidikan Aceh, dan H. Tasyukur SH MH menyampaikan materi Alquran sebagai solusi bagi pembentukan Akhlakul karimah peserta didik, serta Dr. Hamdani MAg dengan materi Membangun Kemandirian di Sekolah