TOBA -Tujuh kelompok masyarakat Desa Pokdakan (kelompok budidaya ikan) dari 6 Desa se Kabupaten Toba menerima bibit ikan mas sebanyak 1,3 ton bantuan dari PT.TPL.Tbk. Ke 7 Pokdakan penerima bantuan tersebut di antaranya GKPI Patane III, Saribu Usaha (Patane I), Akal Sehat (Patane II), Sidodo Roha (Patane V), Rim Ni Tahi (Patane III), Gabe Mas (Patane II) dan Karang Taruna (Tangga Batu I).

Kepala Desa Patane II James Butabutar dalam sambutannya, mengapresiasi bantuan yang diberikan PT TPL ini. Dengan bantuan ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan pemuda di desanya.

"Bantuan yang diberikan PT.TPL kali ini sangatlah bermanfaat dan tepat sasaran, dengan bantuan yang diberikan para pemuda telah memiliki kegiatan usaha baru mengembangkan peternakan ikan. Kita berharap Pokdakan ini juga mendapat pendampingan yang berkesinambungan dari perusahaan, untuk pengarahan mereka para anggota Pokdakan dalam pemeliharaan dan perawatan usaha kolam ikannya dari tantangan hama penyakit dan lainnya. Atas nama warga dan pemerintahan desa saya ucapkan terima kasih," tutur James.

Ketua Pokdakan Karang Taruna Desa Tangga Batu I Sudarlan Sitorus, menyebutkan bantuan bibit ikan mas ini akan menumbuhkan semangat wirausaha kaum muda mudi di desa.

“Pemberian bantuan bibit ikan mas dari TPL ini sangat membantu dan memotivasi semangat kami untuk memiliki usaha baru dan kami memiliki kegiatan yang positif menumbuhkan semangat berwirausaha untuk seluruh anggota Pokdakan Karang Taruna,” katanya.

Stakeholder Relation Mill Coordinator PT.TPL Rudy Panjaitan dalam keterangan persnya, Jumat, 26/11/2021 mengatakan, pembagian bibit ikan mas dilakukan dalam 3 tahapan.

"Kita berharap melalui bantuan yang diberikan perusahaan dapat menambah perekonomian masyarakat yang ada di sekitar perusahaan," ungkapnya

TPL sebutnya, berkomitmen selalu hadir dan berkontribusi di segala aspek untuk tetap memberikan yang terbaik sebagai bentuk kepedulian perusahan kepada masyarakat khususnya warga di wilayah sekitar perusahaan beroperasi.

Terpisah Suarno Simatupang, Stakeholder Relation Mill Officer PT.TPL menambahkan, perusahaan tetap akan memantau perkembangan Pokdakan dan usaha yang dibantu perusahaan.

“Kita akan lakukan monitoring dan evaluasi kelompok ini sekali sebulan untuk melihat hasil dan perkembangan dari dukungan yang kita berikan. Jika hasilnya baik, bukan tidak mungkin akan dijalin kerjasama yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Sehingga terus berkesinambungan,” tegas Suarno.