PALAS - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 0415 Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa Kabupaten Padanglawas (Palas), menggelar ujian berbasis komputer.

Hal itu sesuai dengan surat edaran Mendikbud No 1 tahun 2021 tentang Meniadakan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Tahun 2021. Kemudian
mengantikannya dengan ujian Asesmen Nasional Basis Komputer (ANBK) khusus bagi siswa kelas V.

Kepala SDN 0415 Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa Kabupaten Padanglawas (Palas), Harun Saleh Hasibuan SPd MM di ruang kerjanya, Kamis (25/11/2021) mengatakan ujian ANBK ini dalam upaya mengetahui mutu proses dan hasil belajar satuan pendidikan dasar di seluruh Indonesia.

ANBK ini lanjutnya sebagai penilaian terhadap mutu serta  untuk memperbaiki kwalitas pendidikan di sekolah - sekolah dimulai dari SD.

“ANBK ini diharapkan bisa memperbaiki kwalitas proses pembelajaran di satuan pendidikan sekaligus dapat meningkatkan mutu belajar siswa," kata Harun.

Ia menambahkan, di SDN 0415 ANBK akan berlangsung pada gelombang ke 4 mulai tanggal 24 sampai 25 November 2021.

"Jumlah siswa yang mengikuti ANBK sebanyak 35 siswa terdiri dari 30 peserta utama dan 5 sebagai peserta cadangan yang dilaksanakan dua sesi,"terangnya.

Dengan dilaksanakan ujian berbasis komputer, sambungnya diharapkan bisa meningkatkan mutu pendidikan baik dari segi input, proses dan output dalam mengembangkan kompetensi maupun karakter siswa.

"Sebelum pelaksanaan ANBK para siswa terlebih dulu mengikuti pelatihan dan simulasi agar dapat mengikuti kegitan ujian dengan sistim basis komputer," pungkasnya.