PALAS - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas  Plus Keterampilan dan Riset melaksanakan upacara peringatan Hari Guru Nasional ke 76 tahun 2021 di halaman madrasah, Kamis (25/11/2021). Dalam peringatan hari jadi guru ini, tidak memproritaskan pakai PGRI tetapi tampil dengan mengunakan pakaian adat kedaerahan.

"Dengan pengenaan  pakaian adat daerah ini bertujuan melestarikan budaya dan adat daerah juga untuk memperkenalkan kepada generasi muda bahwa pakaian adat kedaerahan harus tetap ada dan dilestarikan.Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikannya," ujar Kepala MAN 1 Palas Plus Keter ampilan dan Riset,Hj Mahyarni Junida Nasution SPd MA usai bertindak sebagai pemimpin upacara.

Disebutkannya melalui momentum HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) lebih meningkatkan pendidikan dan selalu berdoa wabah Covid-19 segera sirna dan muka bumi pertiwi Ineonesia umumnya dan khusus Kabupaten Palas.

Kata Mahyarni, sesusi dengan petunjuk teknis edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudrustek) Nadiem Makarim, peran guru seluruh Indonesia memiliki andil penting menjadi penggerak untuk bangkit memajukan negeri bergerak dengan hati pulihkan pendidikan.

"Ditengah pandemi ini tidak memadamkan semangat para guru, tetapi justru menyalakan obor perubahan dan penggerak pendidikan untuk kemajuan anak bangsa," kata Mahyarni dihadapan peserta upacara yang diikuti seluruh guru dan siswa madrasah.

Menurutnya, di tengah situasi pandemi Covid-19, tidak melunturkan semangat guru untuk memberikan pembelajaran kepada siswa dengan menggunakan sistim teknologi meski dari jauh.

Tak hanya itu, lanjutnya para guru juga mau tidak mau mempelajari teknologi yang belum mereka kenal karena peran guru juga menyederhanakan kurikulum untuk mereka tidak belajar di bawah tekanan.

"Fenomena dunia pendidikan yang dibalut dengan situasi pandemi Covid-19 sama sekali tidak ada kata putus asa sebagai seorang guru untuk berdidikasi mengajar ditengah pandemi untuk kemajuan anak bangsa," imbuhnya.

Malahan, kata Mahyarni para guru justru semakin bersemangat untuk terus mendidik para siswa dengan melakukan terobosan dengan platform teknologi yang gampang diserap oleh para siswa agar terus belajar.