LHOKSEUMAWE – Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Utara menggelar Pelatihan Standar Pendidikan bagi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah berlangsung selama 2 hari (22 – 23/11/2021). Kegiatan yang dilaksanakan di dua lokasi masing-masing SD Negeri 1 Syamtalira Bayu dan SMP Negeri 1 Samudera, melibatkan 40 orang peserta terdiri dari kepala sekolah dan komite sekolah.  

Ketua MPD Aceh Utara, Drs. Anwar, Selasa (23/11/2021) mengatakan Mejelis Pendidikan Daerah sangat konsen dan peduli terhadap peningkatan mutu pendidikan terutama bagi penyelenggara pendidikan pada satuan pendidikan.

“Isu sentral bidang pendidikan itu ada pada mutu, untuk itu kami sangat inten dalam melakukan tugas dan fungsi kami sebagai pengurus melalui monitoring dan evaluasi pada satuan pendidikan/ sekolah,” katanya.

Disamping itu, urai Anwar didampingi Kepala Sekretariat  Dra Khadijah MM, selama ini perangkat organisasi belum begitu aktif, kendati perangkat itu ada, seperti komite sekolah.

“Padahal komite sekolah sangat penting sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) disekolah dalam hal penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan, namun agaknya sejauh ini peran komite sekolah belum begitu aktif,” ungkapnya.

Dengan pelatihan ini, tambahnya, bisa menambah wawasan bagi para kepala sekolah maupun komite sekolah terhadap peran masing-masing.

“Karena selama ini dianggap kurang aktif dalam mewujudkan mutu pendidikan, oleh karena itu setelah pelatihan ini baik kepala sekolah maupun komite sekolah bisa mewujudkan kualitas pendidikan di Aceh Utara terutama pendidikan dasar dan menengah,” sebutnya.

Dalam kegiatan tersebut diangkat tema Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Komitmen Penyelenggara Sekolah serta Komite Sekolah Menuju Standarisasi Pendidikan. Tujuannya  adalah meningkatkan pengetahuan komite sekolah terhadap standar pendidikan serta komitmen penyelenggara sekolah untuk memenuhi standar pendidikan di sekolah.