PALAS - Dinas Kesehatan Kabupaten Padanglawas (Palas) melaksanakan kegiatan orientasi sanitasi total berbasis masyarakat.

Kegiatan tersebut diikuti TP PKK Kecamatan dan Desa dan sanitasi puskesmas, kader Posyandu dan personel Polsek Barumun Barumun Tengah, di Aula Kantor Camat Barumun Tengah.

Camat Aek Nabara Barumun, Sahmiran Hasibuan yang membuka orientasi sanitasi mengatakan, kegiatan ini tindak lanjut untuk peningkatan pelayanan kesehatan di masyarakat.

"Mewujudkan kesehatan dilingkungan masyarakat melalui implementasi sanitasi total basis masyarakat (STBM) perlu terus ditingkatkan,"katanya.

Menurutnya, akses masyarakat terhadap sanitasi dan air minum yang layak merupakan bagian dari upaya promotif dan preventif yang harus diutamakan.

"Upaya promotif dan preventif yang efektif akan menekan kejadian penyakit, menurunkan jumlah orang yang sakit sehingga berdampak pada efisiensi biaya kesehatan bagi masyarakat," ujar Sahmiran.

Sebelumnya Kapolsek Barumun Tengah, AKP Syawaluddin H SH menyampaikan orientasi sanitasi sangat perlu untuk dipahami masyarakat terkait air minum yang layak komsumsi untuk meningkatkan siklus kualiatas kehidupan manusia yang lebih baik.

"Dengan mengkomsumsi air minum yang layak akan memberi kontribusi langsung terhadap kualitas kehidupan mulai dari bayi, balita, anak sekolah, remaja, kelompok usia kerja, ibu hamil dan kelompok lanjut usia,"sebutnya, Selasa (23/11/2021).

Ia menjelaskan, penyediaan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat, disamping perilaku hidup bersih dan sehat menjadi faktor dalam sirklus kehidupan.

Untuk mencapai tujuan,tambahnya,perlu dilakukan upaya promotif dan preventif dengan pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) melalui pemberdayaan masyarakat menjadi alternatif yang cukup efektif untuk memicu perubahan perilaku hidup bersih dan sehat mendukung sanitasi yang berkesinambungan.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan sinergi dan kolaborasi dari semua pihak untuk mencapai target ini, melalui strategi inovasi, dukungan kebijakan serta pendanaan yang memadai untuk program sanitasi," timpalnya.

Ditempat terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Palas, dr.Ummi Sahara Matondang mengatakan, orientasi sanitasi total berbasis masyarakat ini memberikan manfaat dan pemahaman serta memudahkan dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan khusus ditengah masyarakat.

Ia berharap melalui kegiatan orientasi ini dapat meningkatkan prilaku masyarakat dalam pembangunan kesehatan yang lebih baik dan memberikan dampak positif untuk penerapan pola hidup bersih dan sehat.