PALAS - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset menggelar pelantikan dan pengukuhan  anggota Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Pelantikan berlangsung di halaman madrasah tersebut, Sabtu (20/11/2021) mengusung tema 'Dengan pelantikan angota UKS dan PKS  membentuk anggota disiplin dan mempunyai tanggungjawab yang tinggi dalam melaksanakan sumpah dan janjinya'.

Acara pelantikan dan pengukuhan UKS dilaksanakan Hamna Esnaeni SKeb mewakili Kadis Kesahatan Palas dan PKS dilaksanakan Kanit Laka Polres Palas, Iptu Irmanto yang disaksikan oleh Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution SPd MA.

Pelantikan dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran, dan diisi dengan persembahan tari dari anggota PKS dan Senam Sehat dari anggota UKS.

Kadis Kesehatan dr.Ummi Sahara Matondang diwakili Hamna Esnaeni.S.Keb berharap, kepada anggota UKS MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset bisa memberi motivasi dan meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan. 

Sementara Kasat Lantas Polres Palas, AKP Alfian Arbi SH diwakili Kanit Laka,Iptu Irmanto menyampaikan, anggota PKS berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan sekolah.

" Anggota PKS juga memiliki tanggung jawab untuk penerapan kedisplinan tentang tata tertib berlalu lintas dijalan raya agar para siswa mematuhui secara disiplin guna menjaga keselamatan," terangnya.

Ia juga berharap, dengan dilantiknya anggota PKS ini memberikan dampak manfaat  positif kepada siswa lainya yang ikut mendukung program kepolisian dan sekolah dalam menciptakan kemajuan pendidikan.

Dikesempatan itu Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution SPd MA berharap, anggota UKS dan PKS yang dilantik bekerjasama dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diamanahkan.

" angun kerjasama dan saling mendukung untuk memajukan madrasah sebagai akan membentuk anggota yang disiplin dan mempunyai tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan sumpah dan janji," harapnya.

Ia juga mengingatkan, UKS dan PKS harus berkontrubusi memberi manfaat positif dilingkungan madrasah sehingga memberi motivasi dalam meningkatkan kedisplinan dan kesehatan lingkungan madrasah.

"Dengan peran anggota UKS dan PKS akan membentuk karakter siswa yang sehat dan bewawasan serta terpeliharanya ketertiban dan keamanan lingkungan madrasah yang lebih disiplin," pungkasnya.

Diakhir acara pelantikan ditandai dengan pemberian cendramata dari pihak madrasah kepada Iptu Irmanto dan Hamna Esnaeni dan penampilan tarian kreasi oleh para siswa dan siswi MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset.