TAPSEL - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs R Z Panca Putra Simanjuntak M Si bersama rombongan menghadiri kegiatan pemasangan tiang pancang markas Polres Tapanuli Selatan di Pertapakan Pembangunan Markas Polres Tapsel, di Desa Dano Situmba, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kamis (18/11/2021).

Turut hadir mendampingi Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Drs Armia Fahmi M H, Dansat Brimob Kombes Pol Suheru SIK, Kabidkum Kombes Pol Andri Setiawan SH SIK MH, Kabid TIK Kombes Pol Raja Sinambela SH.

Kapolda beserta rombongan disambut Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj SH SIK MH, Bupati Kabupaten Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi, Kasrem 023/KS Letkol INF Denny Engel Rupingi, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini SIK MH, Danyon C Pelopor Sat Brimob Poldasu Kompol Buala Zega SH MH, Sekda Kabupaten Tapsel Drs Parulian Nasution.

Turut hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Tapsel Husin Sogot Simatupang, Ketua DPRD Kabupaten Paluta Mukhlis Harahap SHI MSi, Pasi Intel Kodim yang mewakili Dandim 0212 /Tapsel Kapten INF Halasson Sirait, Para PJU Polres Tapsel, Para OPD Kabupaten Tapsel, para OPD Kabupaten Paluta, tokoh adat, agama, pemuda, dan masyarakat Kabupaten Tapsel.

Kapolda beserta rombongan tiba di Mako Yon C transit di ruang perjamuan Markas Yon C Sat kemudian dilanjutkan menuju pertapakan pembangunan markas Polres Tapsel.

"Hari ini, saya datang ke Tapanuli Selatan, untuk mengikuti pemasangan tiang pancang Mako Polres Tapsel," ujar Kapolda disela sesi wawancara bersama awak media di Mako Yon C Sat Brimob.

Dalam kesempatan itu, Kapolda meminta ke Polres Tapsel maupun jajaran beserta stakeholder lain untuk berupaya percepat pelaksanaan vaksinasi.

Kemudian, Kapolda menginstruksikan jajarannya untuk memastikan pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 berjalan dengan aman dan tetap patuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Pedomani saja apa yang diarahkan pemerintah, supaya kita bisa mengatasi lonjakan ketiga penyebaran Covid-19," imbuhnya.

Kapolda juga mengimbau ke masyarakat untuk segera mendatangi tempat vaksin yang disediakan oleh pemerintah maupun kepolisian, guna menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity). Diharapkan, di akhir 2021 masyarakat sudah 70 persen menerima vaksinasi Covid-19.

Sebelumnya, Kapolda mengucap terima kasih ke Pemkab Tapsel dan Paluta atas sinergitasnya dalam rangka percepatan program vaksinasi Nasional. Menurutnya, demi mencapai percepatan vaksinasi itu, perlu kerjasama semua pihak, termasuk dari segenap masyarakat.

Terkait proses pembangunan Mako Polres Tapsel, pihaknya sudah lama mengharap agar segera dibangun mengingat perkembangan tata pemerintahan khususnya di Kota Padangsidimpuan dan Tapsel. Pembangunan Mako Polres Tapsel juga bagian dari rencana kerja strategis Polda Sumut.

Kapolda berharap, proses pembangunan Mako Polres Tapsel bisa berjalan tuntas dan segera. Sebab, Polres merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari susunan tata pemerintahan yang harus juga berkembang.

"Sehingga, bisa memudahkan pelayanan bagi masyarakat di Tapanuli Selatan," jelas Kapolda.

Pantauan awak media, Penekanan sirine oleh Kapolda, menandai dimulainya pembangunan Mako Polres Tapsel. Kapolda juga menandatangani MoU tentang pemberian hibah tentang pembangunan Mako Polres Tapsel.

Kapolda bersama unsur Forkopimda Tapsel dan Paluta juga menyempatkan untuk meninjau site plan pembangunan Mako Polres Tapsel dan menerima Paparan dari Kadis PUPR Kabupaten Tapsel.

Selanjutnya, Kapolda beserta rombongan mengunjungi MAN 2 Situmba untuk meninjau vaksinasi siswa, sebelum akhirnya bertolak ke Mako Polda Sumut menggunakan Helikopter.