MEDAN - Seekor gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) bernama Olive dikabarkan melahirkan  Rabu, (17/11/2021) sekitar pukul 15.00 WIB di Pusat Latihan Satwa Khusus (PLSK) Tangkahan, Langkat, Sumatera Utara. Informasi yang diperoleh tim INJI Kepada  Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) diketahui anak gajah berjenis kelamin jantan dengan ukuran lingkar badan 101 cm dan tinggi bahu 80 cm. 

Pelaksana tugas Kepala BBTNGL, Adhi Nurul Hadi menjelaskan, anak gajah ini merupakan kelahiran kedua di tahun 2021 tepatnya di PLSK Tangkahan, Langkat.

"Sebelumnya juga pada tanggal 1 Februari 2021 lalu, telah lahir seekor anak gajah berjenis kelamin betina bernama Boni dari indukan yang bernama Sari dengan pejantan  Theo," kata Adhi. 

Adhi mengatakan, pihaknya mengaku akan segera memangil tim medis untuk melakukan pengecekan kesehatan baik induk maupun bayi gajah dan memberikan asupan multivitamin serta penguat otot terhadap gajah.

"Bayi gajah masih rentan, jadi membutuhkan perawatan yang intensif. Oleh karena itu kesehatannya akan terus dimonitor agar mereka tumbuh dengan baik," jelas Adhi.

Adhi berharap dengan lahirnya anak gajah Sumatera dapat bertambah populasinya baik yang di PLSK Tangkahan maupun yang ada di alam liar lainnya.