PALAS - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit terus meningkat di daerah Kabupaten Padanglawas (Palas). Belakangan ini, terhitung sejak Oktober sampai awal November, harga TBS menembus angka Rp 2.910 ditingkat penampung desa dan kecamatan membuat. Petani kelapa sawit di wilayah sentra perkebunan yang ada di daerah ini pun menjadi sumringah. 

Para petani kelapa sawit semakin bersemangat merawat dan memanen buah kelapa sawit, karena harga TBS semakin stabil yang sebelumnya masih mengalami fluktuasi.

Salah seorang petani kelapa sawit di Kecamatan Barumun, Soleh Hasibuan mengatakan, naiknya harga TBS ini cukup membantu kesejahteraan petani kecil karena bisa menikmati hasil perkebunan sesuai yang diharapkan.

"Saat ini harga beli ditingkat peron menembus angka Rp 2.910 per kilogram baik buah sedang dan besar. Harga sebelumnya dikisaran Rp 2.620 sampai Rp 2.720 per kilogram," katanya, Sabtu (13/11/2021 ditemui dilokasi peron Sawit Makmur Sibuhuan usai menjual buah kelapa sawitnya.

Soleh menambahkan, kenaikan harga TBS ini diharapkan terus bertahan dan mengalami lonjakan sampai Rp 4.000 per kilogram sehingga prekonomian petani semakin baik dan sejahtera.

Penyataan senada disampaikan, H.Aspan warga Kecamatan Lubuk Barumun.

Menurutnya, naiknya harga TBS dalam dua bulan belakangan ini disambut petani dengan sumringah. Karena membawa perubahan pendapatan ekonomi yang lebih baik.

"Alhamdullilah, agar TBS terus bertahan diangka Rp 2.910 mulai hari ini, kita berharap harga tersebut terus meroket sampai level harga Rp 3.900 per kilogram. Sehingga kesejahteraan petani menikmati hasil dapat ternikmati untuk memenuhui kebutuhan keluarga dan biaya perawatan kebun serta pembelian pupuk dan lainnya," ungkap Aspan.

Di tempat terpisah, pemilik peron penampungan buah kelapa sawit petani “Sawit Makmur” yang berlokasi di Jalinsum Sibuhuan -Sosa, Yaser melalui stafnya Ade Rahman mengatakan saat ini harga beli TBS yang ditampung dari masyarakat harganya Rp 2.910 perkg untuk hari ini, Sabtu (13/11/2021).

“Sehari sebelumnya, Jumat (12/11/2021) harga TBS  Rp 2.890 perkg, ada kenaikan sekitar Rp 20 perkg dalam waktu sehari," terangnya.

Kata Ade, kenaikan TBS ini sudah bertahan selama dua bulan belakangan ini terhitung mulai Oktober sampai saat ini masih tetap stabil.

Diakui Ade, untuk jumlah pasokan TBS kelapa sawit yang masuk ke lokasi peron mengalami sedikit menurun dari biasanya, akibat karena faktor musim trek buah pada saat ini. Sehingga panen buah kelapa sawit sedikit berkurang.

“Biasanya kalau tidak musim trek buah, perharinya buah yang dibeli dan dikumpulkan di lokasi peron mencapai 120-150 ton perharinya," ucapnya.

Untuk hari ini, sambungnya pihak peron Sawit Makmur hanya mampu mengumpulkan sebanyak 90-100 ton perhari dengan harga TBS yang cukup baik menembus angka Rp 2.910 perkg.

Untuk harga jual ke pihak PKS yang berlokasi di Kecamatan Lubuk Barumun, tambahnya hari ini harganya tampung Rp 3.010 perkilogram.