PALAS - Sekda Kabupaten Padanglawas (Palas) Arpan Nasution membuka kegiatan perkemahan Saka Wira Kartika Kodim 0212/TS dibumi perkemahan Desa Tandihat, Kecamatan Barumun Tengah, Jumat(12/11/2021).


Kegiatan yang mengusung tema "Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan", dihadiri Ketua Harian Kwarcab Pramuka Palas, Zainuddin Hasibuan SPd MM, Pabung Kodim 0212/TS, Kapten Arh. Saleh Hasibuan, PJ Pasi Ter dan Pasi Pers Kodim 0212/TS.

Tampak juga hadir Persit Kartika Chandra Kirana Ranting 11 Koramil 10/Barumun Tengah, pimpinan OPD jajaran Pemkab Palas, Camat Barumun Tengah, Sarwoedi Hasibuan, Kepala Desa Tandihat dan tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Arpan Nasution bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan, kegiatan perkemahan saka wira kartika merupakan bagian dari pendidikan karakter untuk menumbuhkan kaum muda yang memiliki kepribadian yang beriman, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur.

"Perkemahan bhakti saka wira kartika tingkat Kwartir Cabang Palas ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian gerakan pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda yang lebih baik," katanya.

Lebih lanjut Arpan mengatakan,tujuan dilaksanakannya perkemahan pramuka Saka Wira Kartika untuk membentuk dan membina generasi muda agar memiliki kepribadian yang kuat dan ulet.

Selain itu, sambung Sekda anggota pramuka pantang menyerah, disiplin. Sehingga mampu menjadi generasi muda yang inovatif, kreatif dan kompetitif di masa mendatang, ungkapnya.

Ia menambahkan, anggota pramuka harus menunaikan janji kehormatan dengan bersungguh-sungguh menjalankan kewajiban terhadap tuhan dan negara kesatuan republik indonesia.

"Janji tersebut ditunaikan anggota pramuka pada saat bangsa dan negara sedang dilanda wabah Covid-19 ini, melalui berbagai kegiatan penanggulangan wabah penyakit tersebut," tambahnya.

Sekda Arpan menjelaskan, anggota pramuka juga ikut berkreasi membuat masker, baik untuk digunakan sendiri maupun untuk dibagikan bagi kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Anggota pramuka Kwarcab Palas Saka Wira Kartika juga aktif dalam gerakan vaksinasi bagi peserta yang mengikuti perkemahan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Palas," tutup Arpan dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan anggota pramuka penegak.

Ditempat terpisah Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Palas, Zainuddin Hasibuan mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini di antaranya pemberian materi wawasan kebangsaan, pengenalan krida, kreasi pramuka, api unggun dan penjelajahan.