LABURA - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui Dinas Pendidikan bidang kebudayaa bersama Balai Arkeologi Sumatera Utara meninjau ditemukannya patung Penghulu Balang di salah satu kebun milik warga Desa Meranti Omas Kecamatan Na.IX-X - Labura. Patung batu kuno yang dikenal dengan patung penghulu balang ini pertama kali ditemukan seorang warga yang bernama Darpin Ritonga pada bulan September 2021 lalu saat ia ingin membersihkan ladangnya. Penemuannya ini kemudian dia melaporkan ke Kepala Desa Meranti Omas.

Kemudian kepala desa pun langsung turun ke lokasi untuk memastikan apa yang telah dilaporkan warganya.

Kepala Dinas Pendidikan Labura, Suryaman mengatakan akan terus melakukan koordinasi dengan tim arkeologi Sumatera Utara untuk memastikan jejak rekam sejarah.

"Kita akan terus melakukan koordinasi dengan tim arkeologi dari Sumatera Utara agar penemuan patung batu kuno tersebut dapat di jelaskan jejak rekamnya," sebutnya, Jumat (12/11/2021).

 Patung batu kuno

Setelah tim Balai Arkeologi turun ke lokasi mereka melakukan peninjauan atas patung itu dengan mengukur panjang dan lebar patung tersebut

Tim Balai Arkeologi menyampaikan kepada Kepala Desa Meranti Omas agar kiranya patung ini diamankan untuk sementera guna untuk kenyamanan warga sekitar.

Sementara itu Kepala Desa Maranti Omas, Baharuddin Sagala akan terus melakukan yang terbaik demi bukti fisik sejarah yang telah ditemukan.

"Pasti kita akan menjaga dan ikut melestarikan apalagi ini adalah bukti sejarah yang ditemukan di kampung kita" ujar Baharuddin Sagala.