MEDAN - Hujan deras di wilayah Sumatera Utara mengakibatkan aliran sungai Deli dan Babura meluap. Hal tersebut membuat 427 rumah di Medan terendam banjir pada Kamis, (11/11/2021). Hal tersebut diungkapkan Manager Pusdalops BPBD Kota Medan Ronald P. Sihotang saat memberikan keterangan kepada Gosumut.com Jumat (12/11/2021). 

"Dari 427 rumah itu terdapat 2522 jiwa didalamnya di kedua kecamatan yakni Kecamatan Medan Johor dan Kecamatan Medan Maimun," katanya 

Ronald menambahkan, di kedua kecamatan itu intensitas tinggi ada di Jalan Brigjend Katamso Gangg Merdeka & Gang Bidan Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun. Ketinggian air hingga 140 sampai 160 cm. 

Ronald menjelaskan, saat ini pihaknya melakukan pemantauan dan pendataan di lokasi banjir dengan berkoordinasi dengan pihak lingkungan setempat dan memonitor perkembangan dan cuaca dari BMKG.

Ronald juga menyebutkan, mempersiapkan peralatan evakuasi untuk masyarakat yang membutuhkan pertolongan dan mempersiapkan peralatan dan bantuan terkait penanganan tanggap bencana banjir. 

"Saat ini kami memantau perkembangan Daerah Aliran Sungai (DAS) kota Medan dan memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap siaga apabila terjadi kenaikan debit air secara tiba-tiba," pungkasnya.