TOBA -  Pintor Sitorus anggota DPRD Sumut Daerah Pemilihan IX Partai Gerindra menggelar Reses I tahun III 2021-2022 di Desa Narumonda V Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba, Selasa (10/11/2021). Acara yang digelar di gedung Balai Desa Narumonda V Kabupaten Toba, dihadiri Kepala Desa Narumonda V Fernando Marpaung, jajaran pemerintah desa, tokoh adat, tokoh masyarakat dan para warga desa untuk mendengarkan dan menerima berbagai aspirasi dan usulan dari warga.

Pada kesempatan tersebut, warga desa meminta pembangunan saluran drainase/paritan di sepanjang Janlinsum (Jalan Negara Lintas Sumatera) Medan - Tarutung di Desa Narumonda V Kecamatan Siantar Narumonda segera direalisasikan.

Sebab selama ini, setiap musim penghujan warga masyarakat sepanjang Janlinsum selalu kebanjiran. Karena tidak memiliki saluran drainase. Ditambah, situasi cuaca yang ekstrim di akhir tahun ini membuat terjadinya genangan, bahkan air hampir masuk ke dalam rumah warga.

Selain itu, warga juga mengajukan penerimaan Kartu Indonesia Sehat dan beberapa bantuan sosial lainnya.

Selain itu menyangkut kelangkaan pupuk setiap musim tanam padi. Warga meminta supaya DPRD Sumut memantau dan mengatasi kelangkaan pupuk bersubsidi untuk petani dan jangan sampai diselewengkan oknum ataupun pihak - pihak tertentu.

Terkait jalan pertanian Desa Narumonda V sepanjang 1800 meter yang saat ini kondisinya sudah mulai hancur juga diminta warga desa untuk dibangun.

Tidak ketinggalan warga juga mengajukan untuk pembangunan normalisasi daerah aliran sungai Aek bolon berikut untuk pembangunan beberapa titik bendungan beronjong sungai Aek Bolon yang saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan dan sangat membutuhkan pembangunan baru.

Diakui Sunggul Sitorus (59) tokoh masyarakat Desa Narumonda V kepada Pintor Sitorus, sebelumnya untuk ke dua bendungan sungai yang terbuat dari beronjongan bebatuan dan kondisinya sudah rusak dan membutuhkan perbaikan pembangunan, pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera II  (BWS II) Sumut pada tahun 2019 dan 2020 telah melakukan survei dan pemeriksaan bendungan.

Namun sambung Sunggul, hingga tahun 2021 belum ada realisasi pembangunannya.

Kepala Desa Narumonda V Fernando Marpaung dalam sambutannya berharap, kehadiran Pintor Sitorus selaku anggota DPRD Sumut dapat mewujudkan aspirasi masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, Pintor Sitorus berjanji akan menampung keluhan masyarakat, dan nantinya akan dibawa dan diajukan dalam rapat paripurna Dewan di DPRD Sumut.

Ditegaskan Pintor, semua aspirasi dan usulan permohonan yang disampaikan warga akan diperjuangkan di rapat paripurna DPRD Sumut untuk diprogramkan pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada program pembangunan di TA-2022 yang akan datang.