PALAS - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset menggelar upacara peringatan Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021) di lapangan madrasah setempat.

Upacara berlangsung khidmat, diikuti seluruh siswa dan guru -guru tenaga pendidik dilingkungan madrasah.

"Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas," kata Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution SPd MA selaku pembina upacara.

Disisi lain, lanjutnya pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Dikatakan, Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda digelar dalam rangka mengenang perjuangan para pemuda Indonesia di masa lalu yang telah gigih membela tanah air serta memperjuangkan persatuan Indonesia.

Hari Sumpah Pemuda ke-93 kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”.Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang teiah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Selain itu, sambungnya tema ini juga menggambarkan spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia dimaknai partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi Covid-19 dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan para pemuda.

Ia berharap, seluruh siswa sebagai generasi penerus bangsa berkewajiban mengisi kemerdekaan dan meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa, siswa juga harus tahu bagaimana cara mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara ini sebagai refleksi anak muda dan untuk kita semua yang berada di lingkungan MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset.

“Hari ini adalah hari bersejarah dalam kehidupan berbangsa dimana di hari ini berbagai pemuda mengangkat sumpah, untuk mengakui bahwa Bangsa Satu Bangsa Indonesia, Berbahasa Satu Bahasa Indonesia dan Bertanah Air yang satu Tanah Air Indonesia,” pungkasnya.