MEDAN - Alhamdulillah! Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala (USK) berhasil meraih akreditasi unggul dari dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Indonesia. Pengakuan tersebut berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes yang diterbitkan pada 15 Oktober 2021.

Dekan FKG USK Dr. drg. Cut Soraya, M.Pd., Sp.KG mengatakan di Banda Aceh Selasa (26/10/2021), dirinya sangat bersyukur atas kerja keras sivitas akademika FKG USK sehingga berhasil meraih akreditasi unggul ini. Hal ini juga tidak lepas dari dukungan pimpinan universitas yang terus mendorong FKG untuk meningkatkan akreditasinya.

“Alhamdulillah, komitmen kita untuk mengembangkan fakultas ini perlahan membuahkan hasil. Akreditasi unggul ini setidaknya menjelaskan standar layanan dan akademik FKG USK meningkat sangat baik,” ucapnya lewat siaran pers yang dikutip GoSumut di Medan (27/10/2021).

Selanjutnya, Cut Soraya mengungkapkan, raihan akreditasi unggul ini sangat berarti bagi USK karena merupakan milestone untuk mengembangkan fakultas ini ke depannya.

Target tersebut di antaranya adalah membuka prodi baru yaitu S2 dan Spesialis. Lalu, FKG akan mengembangkan riset berbasis keragaman hayati yang sesuai dengan visi misi FKG. Raihan akreditasi unggul ini, juga semakin membuka peluang kerja sama FKG dengan mitranya baik dalam dan luar negeri. Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan universitas mitra juga lebih mudah.

“Jadi, ada banyak hal positif dengan akreditasi unggul ini. Pencapaian ini juga bermakna adanya peningkatan kualitas SDM di FKG, sehingga mampu meningkatkan reputasi FKG di hadapan masyarakat,” ujarnya.

Cut Soraya juga mengungkapkan hal baik lainnya dari fakultas ini. Di mana saat ini Pendidikan Profesi Dokter Gigi telah meraih akreditasi Baik Sekali dengan nilai 355. Nilai tersebut sedikit lagi akan mencapai unggul. Cut Soraya pun optimis prodi tersebut dapat meraih unggul.

“Saat ini berbagai persiapan sudah dilakukan untuk reakreditasi tahun depan. Terutama pengembangan Rumah Sakit Gigi dan Mulut, yang merupakan wahana pendidikan Profesi Dokter Gigi,” ungkapnya.

Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Marwan., IPU turut bersyukur dan sangat mengapresiasi kerja keras civitas FKG sehingga berhasil meningkatkan akreditasinya.

Bagi USK, ungkap Prof. Marwan, akreditasi unggul ini adalah yang kesekian kalinya. Sebelumnya, prestasi yang sama berhasil dicapai oleh Fakultas Kedokteran pada awal Agustus lalu. Selanjutnya, dua prodi Fakultas Kedokteran Hewan USK Pendidikan Dokter Hewan (tingkat sarjana) dan Profesi Dokter Hewan juga berhasil meraih akreditasi unggul pada 18 September 2021 lalu.

“Keberhasilan FKG ini sangat berarti bagi USK dalam upaya meningkatkan daya saingnya. Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi prodi USK lainnya untuk meningkatkan akreditasinya,” ucap Prof. Marwan.*