LHOKSEUMAWE – Dalam beberapa hari terakhir hujan deras mengguyur sebagian kawasan Aceh Tenggara mengakibatkan puluhan rumah terendam banjir, bahkan sebagian warga masyarakat tidak sempat memindahkan perabotan rumah, alhasil kebanyakan perabot rumah tangga terendam banjir. Seperti di Desa Salim Pinim 1, Kecamatan Tanoh Alas, Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa (26/10/2021)  puluhan rumah penduduk sudah terendam banjir, bahkan sebagian warga tidak sempat menyelamatkan perabotan rumah tangga, karena banjir begitu cepat merendam kwasan itu.

Hal ini terjadi akibat sungai Kali Alas meluap, karena hujan deras mengguyur secara terus menerus, alhasil puluhan rumah yang terletak disepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Alas terendam.

Danposramil Tanoh Alas Peltu Sempa Sembiring, Rabu (27/10/2021) mengatakan, tingginya curah hujan yang mengguyur kawasan itu mengakibatkan banjir yang merendam  puluhan rumah  di Desa Salim Pinim 1, Kecamatan Tanoh Alas.

Sementara itu, Danramil 06/Baburrahmah, Kodim 0108 Aceh Tenggara, Kapten Inf Hamdanisyah St mengatakan pasca terjadi banjir itu, personil  Koramil dan Posramil terdekat berada di wilayah Kecamatan Tanoh Alas turun langsung ke lokasi membantu warga yang terdampak banjir.

Masyarakat dihimbau untuk waspada dan siaga. Terutama bagi mereka yang tinggal di dataran rendah sekitar pinggir sungai Desa Salim Pinim 1, karena seringnya terjadi banjir luapan sungai Kali Alas saat musim hujan.