MEDAN- Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh mendapat anugerah sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kategori Informatif, dengan nilai 93,01 dari rentang nilai 90-100. Anugerah tahunan itu diberikan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) yang berkedudukandi Jakarta, Selasa ( 26/10/2021).

Raihan ini cukup mebanggakan bagi kampus berjuluk Jantong Ate Rakyat Aceh. Sebab USK melampaui capaian tahun lalu, dari Cukup Informatif menjadi Informatif. Atas prestasi ini, Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU memberikan apresiasi kepada semua pihak.

"Alhamdulillah, prestasi ini akan semakin memotivasi USK untuk terus memberikan layanan informasi kepada masyarakat yang lebih baik," kata Prof Samsul Rizal melalui siaran pers yang diterima GoSumut di Medan.

Menurutnya, prestasi tersebut merupakan pengakuan terhadap USK yang sejak awal mengedepankan transparansi, telah menjalankan tugasnya cukup baik. Namun Rektor berpesan, agar prestasi yang telah diraih, dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Prof Samsul Rizal berpesan, tak boleh cepat puas. Terus berinovasi agar USK semakin bertumbuh, yang muaranya adalah semakin berprestasi di berbagai lini.

"Kita tidak boleh cepat puas. Justru ini harus semakin memacu USK dalam melayani masyarakat terutama dalam kaitannya mencerdaskan kehidupan bangsa. Di kesempatan ini saya menyapaikan apresiasi terhadap semua pihak yang telah bekerja keras mewujudkan USK sebagai PTN yang informatif," terang Rektor.

Sementara Ketua Komisi Informasi Aceh, Arman Fauzi mengatakan, tahun ini ada tiga perguruan tinggi di Aceh yang masuk nominasi, yakni USK, Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Jantho, Aceh Besar. Namun, hanya USK yang meraih kategori "Informatif".

"Semoga ke depan akan lebih banyak lagi perguruan tinggi di Aceh yang mengikuti Monev Keterbukaan Informasi Publik," kata Armand.

Untuk diketahui, anugerah tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma'ruf Amin dan diterima oleh Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU.*