PALAS - Nur Jannah Nasution, salah satu santri Pondok Pesantren Al Mukhlisin Sibuhuan dari Kabupaten Padanglawas (Palas) utusan Provinsi Sumut di Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist(STQH) tingkat Nasional ke 26. 


Utusan Provinsi Sumut ini menoreh keberhasilan sebagai juara I STQH tingkat Nasional di Kota Sofifi Provinsi Maluku Utara.

Nur Jannah merupakan anak dari pasangan suami istri, Sofyan Efendi Nasution dan Rohima Lubis, warga Desa Rao-Rao Dolok, Kecamatan Sosa.

Duta Palas utusan Provinsi Sumut diajang STQH ini Nurjannah Nasution menoreh tinta emas juara 1 tingkat Nasional cabang Lomba Hafalan 100 Hadist.

"Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memberikan taliasih kepada Nur Jannah sebesar Rp 100 juta ditambah dari Bupati Padanglawas, H.Ali Sutan Harahap (TSO) sebesar Rp 20 juta,"kata Ketua Yayasan Ponpes Al Mukhlisin Sibuhuan,H.Achmad Fauzan Nasution,Senin(25/10/2021).

"Keberhasilan yang ditorehkan Santri Ponpes Al Mukhlisin ini menjadi kebanggaan daerah dan masyarakat dan terkhusus bagi seluruh santri dan santriwati Ponpes," terangnya.

Sementara orang tua Nur Jannah, Sofyan Efendi Nasution mengatakan, bangga dengan keberhasilan anaknya meraih juara I STQH di tingkat Nasional.

Dikatakan sebagaimana diketahui bersama bahwa cabang Hafalan Hadits ini merupakan cabang yang baru dipertandingkan di even tiga tahunan ini.

"Ini semua berkat semangat dan tekad anaknya untuk menjadi yang terbaik sehingga mampu meraih predikat prestasi sebagai juara I STQH cabang lomba hafalan 100 Hadist," tuturnya.

Di tempat terpisah, Camat Sosa Asrin Daulay S.Sos didampingi Kepala Desa Rao Rao Dolok H.Khoiruddin Lubis merasa bangga atas keberhasilan Nur Jannah Nasution.

Menurut Asrin, keberhasilan ini tidak terlepas dari semangat dan kegigihan dalam latihan hafalan Hadist yang disiplin dilakukan Nur Jannah Nasution.

"Alhamdulillah duta asal kabupaten Palas ini mampu bersaing dengan peserta lainnya, kita terus memberikan motivasi agar santri Ponpes Al Mukhlisin Sibuhuan ini nantinya kembali berhasil menjadi juara di tingkat Internasional yang mengharumkan nama bumi Palas dan Sumut umumnya, kata Asrin.

Ia berharap, santri santri lainnya dapat termotivasi bisa menjadi juara seperti Nurjannah, dengan bimbingan orangtua untuk terus belajar dan belajar, pungkas Camat Sosa.