PALAS - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa (19/10/2021). Kegiatan ini diwarnai dengan perlombaan Marhaban antar kelas.

Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution SPd MA didampingi Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan, Sahut Martua Lubis SAg mengatakan, momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diisi dengan lomba marhaban bagi siswa antar kelas.

"Kegiatan lomba Marhaban dilaksanakan setiap hari usai apel pagi sampai puncak peringatan Maulid Nabi 12 Rabiul Awal," terangnya.

Kata Hj Mahyarni, setiap harinya tampil satu kelas sebelum siswa masuk kelas usai mengikuti apel pagi yang rutin dilaksanakan madrasah.

"Kegiatan lomba Marhaban tidak hanya diikuti oleh siswa dan siswi tetapi panitia lomba juga mengikuti serta group Marhaban bapak guru dan ibu guru," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk grup bapak guru yang membawakan Marhaban, Sahut Martua Lubis, SAg dan Hilman Fandi Harahap SPd serta seluruh guru lelaki di lingkungan madrasah.

Sementara grup Marhahan ibu guru, sambungnya dibawakan, Zakiah Isnaini Daulay SPd dan Elpina Pulungan SPd serta seluruh ibu guru madrasah. Dalam perlombaan ini, ada sebanyak enam kelompok yang terdiri dari dua belas orang setiap grupnya.

"Setiap kelompok regu terdiri dari putra dan putri dari setiap kelas jurusan MIA atau IPA dan IIS atau jurusan IPS," katanya.

Diharapkan tambah Hj Mahyarni, melalui lomba marhaban ini mengingatkan kepada tauladan Nabi Muhammad SAW sebagai contoh akhlakul karimah yang patut dicontoh dan dipatuhi baik dalam keluarga maupun di lingkungan masyarakat.