PALAS - Kebakaran lahan perkebunan masyarakat sekitar 2 hektar lebih terjadi di Desa Tanjung, Kecamatan Sosa Julu, Kabupaten Padanglawas (Palas).

Diduga penyebab kebakaran lahan perkebunan warga, akibat ulah oknum yang tidak bertanggungjawab, untuk pembukaan lahan perkebunan yang direnacanakan ditanami kelapa sawit.

Personil TNI Koramil 09 Sosa dibantu personel Polsek Sosa dan Manggala Agni, Badan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLHK) Palas dibantu masyarakat berjibako secara gotong royong memadam kobaran api yang terus meluas.

Danramil 09 Sosa melalui Babinsa, Serda Zulham Siregar Senin (18/10/2021) mengatakan, kobaran api mulai diketahui sekira pukul 15.00 WIB.

Mengetahui adanya kobaran api dilahan perkebunan masyarakat, katanya personel TNI bersama Polri dari Polsek Sosa bergerak memadam api agar tidak meluas merambah kelokasi perkebunan warga yang ada disekitar tempat kejadian di Desa Tanjung.

"Personel TNI -Polri dan Manggala Agni serta BLHK dibantu masyarakat secara bersama -sama bergotong royong memadam api diareal kebakaran lahan," kata Serda Zulham.

Personel TNI dan Polri serta Manggala Agni juga membuat penyekatan galangan, agar api tidak meluas ke areal perkebunan masyarakat lainnya yang berada disekitarnya.

Kata Zulham, mengingat saat ini cuaca cukup panas di daerah Palas sehingga masyarakat dihimbau tidak melakukan pembakaran yang dapat menimbulkan kebakaran lahan atau hutan.

"Diperkirakan ada sekitar 2 hektar lahan perkebunan masyarakat yang terbakar dilalap dijago merah,"tambahnya.

Ia mengimbau, masyarakat jangan sembarangan membakar lahan karena kondisi cuaca saat ini musim kemarau dan cukup panas, pungkasnya.