ASAHAN - Sebanyak 227 mahasiswa dari Institut Agama Islam Daar Al Uluum (IAIDU) Asahan Angkatan XXVII Tahun Ajaran (TA) 2021/2021 diwisuda, Kamis (14/10/2021).

Rektor IAIDU Asahan Hj. Nila Sari Siagian mengatakan wisuda bukanlah purna tugas bagi sarjana untuk berhenti belajar, justru sebaliknya, wisuda harus menjadi momentum untuk terus belajar dan berkarya dalam kehidupan nyata yang sesungguhnya ditengah masyarakat.

"Ilmu pengetahuan, keahlian dan pengalaman akademik yang telah anda dapatkan di Kampus IAIDU Asahan, harus diamalkan dan didharmakan untuk memberi kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi agama, masyarakat, bangsa dan negara sebagaimana amanat Tridharma Perguruan Tinggi," sebutnya.

Ia memaparkan 277 orang yang wisuda ini terdiri dari 118 orang Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Studi Managemen Pendidikan Islam (MPI) 23 orang, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) 19 orang, Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) 42 orang, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) 59 orang dan Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) 16 orang.

Sementara Ketua Pembina Yayasan Pesantren Modern Daar Uluum Asahan, Drs Muin Isma Nasution menyampaikan mengapresiasi Rektor IAIDU Asahan beserta jajarannya serta seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang bekerja keras mengorbankan waktu, tenaga dan pemikirannya untuk menghasilkan alumni yang memiliki keunggulan kompetitif secara keilmuan, berakhlak karimah dan berkepribadian Islami.

"Pihak Yayasan juga berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan dan support terhadap upaya percepatan pengembangan IAIDU Asahan sesuai daya kemampuan Yayasan. Mudah-mudahan dalam beberapa waktu ke depan, cita-cita besar kita untuk menjadikan IAIDU Asahan sebagai Universitas Islam Daarul Uluum Asahan dapat segera terwujud," ujarnya.

Sementara Bupati Asahan, H. Surya yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan pihaknya atas nama pribadi maupun atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan, sangat bangga dan menyampaikan apresiasi kepada IAIDU Asahan dengan status terakreditasi B telah banyak meluluskan sarjana-sarjana.

Menurutnya ini merupakan bukti bahwa penyelenggaraan pendidikan telah memenuhi standar nasional.

"Untuk itu, saya berharap kepada seluruh civitas akademika agar tidak bosan-bosannya berperan aktif dengan karya nyata yang benar-benar dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat banyak," harap Bupati Asahan.

Turut hadir mewakili Kapolres Asahan, Koordinator Kopertais Wilayah IX Sumut, Dr. Zulkarnain MA.