MEDAN - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kemenagsu) Drs H Syahrul Wirda, MM mengapresiasi siswa siswi berprestasi pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi baru-baru ini.

Kompetisi sebutnya, menjadi salah satu sarana untuk merealisasikan ilmu yang siswa diperoleh di madrasah. Sebab kompetisi merupakan acuan pencapaian kurikulum dan indikator keberhasilan seluruh pihak untuk bisa diiplementasikan nantinya di kehidupan sehari-hari.

"Kompetisi adalah salah satu cara pencapaian kurikulum para siswa. Artinya apa yang diajarkan oleh guru sudah terealisasi dengan baik apa belum terutama pada bidang studi yang terintegrasi. Bagaimana anak-anak kita bisa memadukan imtaq dan iptek. Itulah tujuan kompetisi sebenarnya. Juara berapapun bukan jadi utama, tapi jadilah yang terbaik dari yang baik," kata Kakanwil saat membuka dan memberi arahan pada Kegiatan Bimbingan Belajar Persiapan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional di MTsN 2 Medan, Rabu (13/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut Kakanwil juga meminta agar siswa menunjukkan prestasi terbaiknya pada laga KSM Tingkat Nasional mendatang.

"Selamat kepada anak-anak kami baik MI, MTs, dan MA yang akan bertanding meraih prestasi yang terbaik pada KSM Tingkat Nasional 2021 mendatang. Mari kita bersatu padu untuk mendukung proses pelaksanaan menuju perhelatan nanti. Kerja sama siswa, guru, kepala madrasah, dan satuan kerja sampai ke atas sangat dibutuhkan demi meraih prestasinya nanti,"

Kegiatan ini dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Erwin Pinayungan Dasopang, MSi dan seluruh Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota dan Kasi Pendis/Penmad, Kepala Madrasah, dan dihadiri siswa-siswi pemenang KSM tingkat provinsi.

Dalam kesempatan ini juga Kakanwil berharap madrasah terus meningkatkan kualitasnya karena hari ini menjadi pilihan utama masyarakat.

"Terima kasih kepada orang tua yang telah menitipkan anaknya untuk belajar di madrasah. Kita bangga hari ini madrasah menjadi kepercayaan utama masyarakat agar anaknya bisa meraih ilmu dan keimanan yang kuat. Mari sama-sama kita tingkatkan madrasah terutama fasilitasnya," ungkap Kakanwil.

Untuk itu, Kakanwil akan berupaya untuk membuat kebijakan dimana siswa siswi berprestasi bisa memilih jenjang berikutnya di madrasah yang ia sukai dan dapat masuk ke universitas negeri Islam yang bekerja sama dengan Kanwil Kemenag Sumut.

Kakanwil juga berharap agar seluruh perangkat untuk terus bersinergi meingkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

"Kita harus bersinergi, satu komando di bawah lembaga kita ini. Tak lain adalah untuk pelayanan masyarakat yang maksimal," ungkap Kakanwil.

Kegiatan Bimbingan Belajar Persiapan KSM Nasional 2021 akan dilaksanakan mulai 13 sampai 22 Oktober 2021 dengan protokol kesehatan ketat. Kegiatan ini juga diselingi dengan penyerahan penghargaan juara KSM Tingkat Provinsi seluruh bidang studi terintegrasi. Juara Umum KSM Tahun 2021 Tingkat Provinsi diraih Kabupaten Tapanuli Selatan.