PALAS -Gedung SD 0310Simaningir,Kecamatan Sosopan,Kabupaten Padanglawas(Palas) rusak parah akibat tertimpah pohon yang tumbang. Kepala SDN 0310 Simaninggir,Elita Eriani SPd mengatakan, akibat pohon kayu Rao yang tumbang akibat diterjang angin kencang, Minggu malam(10/10/2021) tiga ruang kelas belajar rusak.

Selain tiga ruangan kelas belajar yang rusak,katanya bangunan proyek MCK yang masih dalam proses pengerjaan juga turut rusak tertimpah pohon.

"Tidak ada korban jiwa dari kejadiaan tersebut,ditaksir kerugian sekitar Rp 50 juta karena kondisi ruang kelas retak dan atap seng rusak," katanya, Senin (11/10/2021).

Pasca kejadian itu kegiatan proses belajar mengajar tidak terkendala termasuk siswa kelas IV, V dan VI. "Untuk sementara siswa belajar diruang perpustakaan dan kelas V belajar secara bergantian mengunakan ruang kelas II dan I karena lebih cepat pulang," ungkapnya.

Elita juga mengucapkan terima kasih kepada personil anggota TNI dari Koramil 07 Sosopan dan Pemerintah Kecamatan serta Polsek Sosopan yang telah membantu pihaknya mengevakuasi batang pohon yang tumbang menimpah gedung bangunan sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas, M Syahdin Daulay menjelaskan,pihak Disdikbud akan berupaya melakukan perbaikan gedung yang rusak tertimpah pohon tersebut.

”Semoga kejadian ini tidak berdampak menggangu kegiatan proses belajar mengajar terhadap siswa disekolah tesebut," tandasnya. *