SERGAI - Komisi X Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Serdang Bedagai, bertempat di Pantai Pondok Permai, Jumat (8/10/2021). Kunker komisi X DPR RI membidangi pendidikan dan kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda dan olahraga, dan perpustakaan, yang bermitra dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Perpustakaan Nasional ini dipimpin Wakil Ketua Komisi X, Agustina Wilujeng Pramestuti.

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Serdang Bedagai memiliki luas 1.952,55 km2. Dengan potensi wisata pantai yang melewati lima kecamatan, ditambah adanya Pulau Berhala yang merupakan pulau terluar dan sungai untuk arum jeram. 

Dalam melaksanakan pembangunan dengan visi, mewujudkan Kabupaten Serdang Bedagai Maju Terus (Mandiri, Sejahtera, Religius) di tahun 2024, ada program yang harus direalisasikan. Seperti Sekolah Mantab (sekolah mandiri, asri dan berkualitas), masyarakat sehat dan religius, pertanian mandiri dan berkelanjutan, infrastruktur yang terintegrasi.

"Dengan keterbatasan APBD untuk mewujudkan program tersebut tidak mudah. Berkunjungnya Komisi X DPR RI diharapkan dapat mendongkrak pencapaian target-target  pembangunan Kabupaten Serdang Bedagai," ujarnya. 

Dia berharap adanya dukungan pemerintah terutama pusat, terkait permasalahan dalam bidang pendidikan yang menjadi prioritas pembangunan.

"Dukungan Komisi X DPR RI tentunya akan memaksimalkan hal ini. Terima kasih kepada Tim reses Komisi X DPR RI dan diharapkan apa yang disampaikan terkait permasalaha ini menjadi kebijakan di tingkat nasional," ujarnya. 

Menanggapi hal itu, Agustina Wilujeng Pramestuti menyebutkan pertemuan ini merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja Komisi X DPR RI pada reses Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022, untuk menggali dan menyerap aspirasi dari pemda serta masyarakat.

Selain itu mengawasi implementasi kebijakan pemerintah dan mendapatkan penjelasan secara langsung dari pejabat daerah mengenai implementasi undang-undang.

"Adapun tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk mendapatkan masukan berupa data-data faktual dan permasalahan atas implementasi kebijakan-kebijakan terkait bidang Komisi X DPR RI, yang selanjutnya akan menjadi bahan rujukan dalam pengambilan keputusan pada rapat-rapat Komisi X DPR RI," ungkap Agustina yang juga Ketua Tim Rombongan

Hadir dalam kunjungan tersebut, Sofyan Tan (PDIP/Sumut I), Putra Nababan (PDIP/DKI I), Muhammad Nur Purnamasidi (Golkar/Jatim IV), Ali Zamroni (Gerindra/Banten I), Himmatul Aliyah (Gerindra/DKI II), Johar Arifin (Gerindra/Sumut III). 

Ratih Megasari Singkarru (Nasdem/Sulawesi Barat), Muhammad Kadafi (PKB/Lampung I). Bramantyo Suwondo (Demokrat/Jawa Tengah/VI), Ledia Hanifa (PKS/Jawa Barat I), Fahmi Alaydroes (PKS Jawab Barat V), Dewi Coryati (PAN/Bengkulu), Desi Ratnasari (PAN/Jawa Barat IV) dan Illiza Saaduddin Djamal (PPP/Aceh I).