LHOKSEUMAWE - Gampong Simpang Lhee di Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, salah satu daerah tertinggal dari sisi pembangunan infrastruktur, setelah masuk program  TMMD ke - 112 Kodim 0104 Aceh Timur, perekonomian warga mulai menggeliat. Pasalnya, salah satu program yang dibangun tim Satgas TMMD ke - 112 Kodim 0104 Aceh Timur adalah pembukaan akses jalan usaha tani sepanjang 1.630 meter serta jembatan penghubung berkonstruksi kayu, saat ini pekerjaan proyek tersebut sudah mencapai 95 %.

"Alhamdulillah, Gampong Simpang Lhee sekarang sudah mulai terbuka akses jalan usaha tani setelah program TMMD ke - 112 Kodim 0104 Aceh Timur masuk ke desa kami, sekarang perekonomian masyarakat sudah mulai menggeliat, soalnya hasil pertanian lebih mudah dipasarkan karena akses jalan sudah ada, sebelumnya desa kami walaupun letaknya diwilayah Kota Langsa, tapi tergolong terisolir, " kata salah seorang warga setempat, Jum'at (8/10/2021).

Sementara itu Komandan Kodim 0104 Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar saat memaparkan progress pembangunan infrastruktur program TMMD ke - 112 di Gampong Simpang Lhee dihadapan Tim Pengawasan dan Evaluasi Mabesad mengatakan telah banyak kegiatan dilakukan seperti pekerjaan fasilitas umum pembuatan jalan penghubung sepanjang 1.630 meter, pembangunan Balai Pengajian, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 5 unit dan Jembatan Kayu.

"Seluruh  pekerjaan telah mencapai 95 persen rampung dan telah berlangsung selama 23 hari, " katanya.

Peninjauan dari Tim Wasev Mabesad diketuai oleh Brigjen TNI Deddy Kusbandi, Irum Itjenad beserta rombongan disambut langsung Komandan Kodim 0104 Aceh Timur Letkol czi Hasanul Arifin Siregar didampingi Walikota Langsa Usman Abdullah, Kasrem011 Lilawangsa Letkol Czi M. Ridha Has beserta unsur Forkopimda Kota Langsa.

Dalam penjelasan nya dandim targetkan hasil pekerjaan TMMD berkualitas, tepat sasaran dan tuntas tepat waktu. Tentunya  dengan dukungan  dan kerjasama TNI bersama instansi pemerintah serta Forkopimda kota Langsa dengan satu tujuan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terang Dandim.

Sementara itu, Ketua tim Wasev Mabesad, Brigjen TNI Deddy Kusbandi, dilokasi pembangunan kepada sejumlah media mengatakan, kehadirannya bersama tim ke lokasi TMMD Reguler ke-112 Kodim 0104/Aceh Timur bertujuan, untuk mengawasi dan mengecek realisasi hasil pekerjaan di lapangan.

"Ya, kami hadir disini untuk melihat langsung apakah hasil pekerjaannya sudah berjalan baik atau belum. Apakah sesuai yang dipaparkan Dandim tadi selaku Dansatgas TMMD, katanya, juga di back up penuh oleh Walikota Langsa dengan seluruh unsur Forkopimda Kota Langsa, hasilnya bagus, " katanya.

Walikota Langsa juga ikut memaparkan terkait program TMMD di Wilayahnya.

"Dengan anggaran  minimal tetapi mendapatkan hasil yang optimal dan lebih besar manfaatnya untuk kepentingan masyarakat.  Kita lihat sendiri hasilnya bersama ternyata memang hasilnya masyarakat sangat terbantu dengan adanya program TMMD," kata Walikota Langsa.

Brigjen TNI Deddy Kusbandi menyebutkan, timnya dari Mabesad juga mewakili Mabes TNI hadir ke lokasi TMMD, bertujuan pengawasan dan evaluasi melihat langsung program TMMD dapat dirasakan masyarakat.

"Alhamdulillah kenyataannya, kita lihat bersama, kata masyarakat program TMMD ini betul-betul dirasakan manfaatnya, semoga apa yang dilakukan menjadi ladang amal," ungkapnya.