MEDAN - Siapa sangka Petra Zoe Khoman menjadi runner-up Putri Cilik Sumatera Utara 2021. Soalnya, selama ini orangtuanya memberikan les piano, balet, dan matematika. Tapi gadis kecil berusia 12 tahun ini tiba-tiba menuntut untuk ikut ajang Putri Cilik Pariwisata Sumatera Utara 2021. Keinginan itu membuat kedua orangtuanya kaget. Namun Petra membuktikannya dengan menjadi runner-up Putri Cilik Indonesia Sumatera Utara 2021. Kini anak pertama pasangan Wendiyo Khoman dan Veranita ini sedang bersiap untuk menuju langkah selanjutnya mengikuti final Putri Cilik Indonesia di Jakarta, awal November 2021 nanti.

"Aku pasti bisa menjadi Putri Indonesia, supaya bisa memberi motivasi buat orang lain. Doakan ya," kata Petra dalam pertemuan di satu kafe di Medan belum lama ini. Dia didampingi ibunya Veranita dan Pheny Stephen, sahabat sang ibu.

Veranita menceritakan dia mendukung putrinya meraih keinginannya meski selama ini memberikannya les dan bimbingan belajar matematika, balet, dan piano. "Saya sempat kaget sewaktu Petra berniat ikut ajang Putri Indonesia karena tak pernah melatihnya untuk itu, tapi dia meyakini bisa mengikutinya. Ya, kita sebagai orangtua tentu memberi dukungan kepada anak-anak mencapai keinginannya," ungkap Veranita.

Petra memang menunjukkan keinginan kuat untuk menjadi Putri Cilik Indonesia. Dia mencari tutorial di Youtube dan mempelajarinya sendiri, termasuk mengamati video penampilan Putri Indonesia Sumatera Utara saat ini, Maria Meghna Sharma. Bahkan Petra membuka pertemanan dengan Meghna Sharma secara pribadi di Whatsapp.

"Petra sering mendapat motivasi langsung dari Meghna Sharma sehingga tekadnya semakin kuat untuk menjadi Putri Indonesia dari Medan Sumatera Utara," kata Veranita lagi.

Sebagai finalis Putri Cilik Indonesia 2021 yang sedang bersiap ke Jakarta, Petra mendapat dukungan dan motivasi Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman dan Ketua TP PKK Sumatera Utara Nawal Lubis Edy Rahmayadi.

‘’Harus percaya diri dengan kompetisi yang ada dan jangan minder. Kemudian berdoa dan jangan berburuk sangka dengan orang lain harus tetap berpikiran positif. Cantik itu tidak hanya di luar namun juga dari dalam,’’ ucap Nawal Edy Rahmayadi ketika menerima kunjungan Petra di rumah dinas Gubsu Jl. Jend Sudirman Medan.

Hal senada juga disampaikan Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman saat menerima kunjungan Petra Zoe Khoeman di Balai Kota akhir bulan lalu.

Aulia berpesan kepada Petra agar dapat memenangkan kompetisi yang diikuti. "Jangan menghilangkan potensi yang ada dalam diri. Harus percaya diri ya, " pesannya.

Petra juga meelakukan berbagai kegiatan positif, diantaranya mengunjungi Medan Zoo karena prihatin mengetahui ada harimau sumatera sedang sakit. Ia juga memberi makanan untuk harimau dan hewan-hewan lain di Medan Zoo.*