MEDAN - Polrestabes Medan berharap kepada organisasi Kelompok Sadar (Pokdar) Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Bhayangkara Resor Medan membantu meringankan tugas Polisi Republik Indonesia (Polri). Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Medan Kombes Pol Riko Sunarko melalui Wakil Kapolrestabes Medan, AKBP Irsan Sinuhaji saat mengukuhkan Pokdarkamtibmas Bhayangkara di Hotel Garuda Plaza Medan Sabtu, (2/10/2021).

Irsan menjelaskan, organisasi Pokdarkamtibmas Bhayangkara ini harus mampu menciptakan Kamtibmas yang kondusif pada level tertentu.

"Dengan itu tugas Polisi akan menjadi ringan,"katanya.

Irsan menjelaskan, Pokdarkamtibmas Bhayangkara dibentuk oleh Polri.

"Ketika ada permasalah di suatu daerah, bisa diselesaikan dengan kekeluargaan, sehingga tidak sampai keranah hukum," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Medan yang baru dikukuhkan Eric menyebutkan, dengan menjadi mitra Polri Pokdarkamtibmas Bhayangkara pihaknya akan terus fokus pada kampanye  menyuarakan Kamtibmas tertib dan kondusif di wilayah hukum Polrestabes Medan.

"Polrestabes Medan telah mengukuhkan kita, selanjutnya tinggal mengembangkan sayap hingga ke tingkat sektor di wilayah hukum Polrestabes Medan," bebernya.

Eric juga mengungkapkan, bahwa dirinya harus fokus terhadap program program kedepannya dalam menjalankan tugas tugas pokok yang telah menanti.

"Ya. Kita harus siap menghadapi lingkungan yang telah berubah mengikut perkembangan jaman era teknologi digital ini. Semua akan tidak bisa menghadapi perkembangan jaman, jika tidak memiliki SDM yang cukup," tambahnya.

Hal tersebut turut disambung oleh Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sumut, Andi menjelaskan, tujuh daerah atau Kabupaten kota yang sudah terbentuk yaitu Madina, Tapanuli Utara, Labuhan Batu, Binjai, Medan,   Deli Serdang, Asahan.

"Semoga Pokdarkamtibmas Bhayangkara terus berkembang diseluruh daerah Sumatera Utara," jelasnya.

Pengukuhan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Medan itu kerap ditandai dengan  penyerahan bendera pataka Pokdarkamtibmas Bhayangkara oleh Ketua  Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah Sumut, Andi, S. Kom, SH kepada Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Riko Sunarko yang diwakili oleh Wakil Kapolrestabes Medan, AKBP Irsan Sinuhajidari.

Selain telah berkembang di Pulau Jawa, Organisasi mitra Polri yang resmi tertuang dalam Surat Keputusan Kapolri Nomor Polisi : Skep/661/XI/1992 tanggal 26 November 1992 tentang Pengesahan Petunjuk Lapangan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas, telah terbentuk dibeberapa daerah Kabupaten Kota, khususnya Sumatera Utara.

Berikut kepengurusan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Medan antara lain:
Ketua, Eric, Wakil Ketua, Budi Candra, Bendahara, Wiesanto, Wakil Bendahara, Kimjong, Seketaris, Robby Sunjaya, Wakil Seketaris, Daniel Iskandar, Kabid Bimbang, Koko, Kabid Ekonomi, Joni, Kabid OKK, Dewantes Siahaan, Kabid Humas, Dodi Kurniawan, Kabod Perawan, Dei Aprilia.