PALAS - Operasi Patuh Toba 2021, Polres Padanglawas (Palas) lebih memprioritaskan   penegakan disiplin lalu lintas dan protokol kesehatan (prokes) di wilayah hukumnya. "Operasi Patuh Toba disamping untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, juga meningkatkan kedisiplinan masyarakat untuk prokes Covid-19," kata Kapolres Padanglawas (Palas) AKBP Indra Yanitra Irawan SIK melalui Kasat Lantas,AKP Alfian Arbi SH, Sabtu (2/10/2021).

Dikatakan, operasi ini juga bertujuan mewujudkan kamtibmas berlalu lintas dan memutus mata rantai Covid-19.

Operasi Patuh Toba akan melibatkan personel gabungan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Perkimhub dan Satpol PP Kabupaten Palas.

Alfian Arbi mengungkapkan dalam pelaksanaan Operasi Patuh Toba untuk memberikan rasa aman dalam beraktivitas.

Selain itu, katanya menurunnya tingkat pelanggaran dan tingkat kecelakaan lalu lintas di masyarakat serta kasus aktif saat ini disebabkan masih pada level penerapan PPKM yang sedang diberlakukan. 

Kata Alfian, Operasi Patuh Toba 2021 juga sebagai ajang pembelajaran bagi seluruh anggota untuk meningkatkan pelayanan dan pendekatan penegakan hukum yang lebih produktif, ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengingatkan pandemi Covid-19 di wilayah Palas belum berakhir, sehingga prioritas terfokus pada disiplin protokol kesehatan dan disiplin lalu lintas.

Ia menambahkan, operasi ini tidak hanya pada penertiban lalu lintas saja tapi lebih diarahkan pada pola preemtif, preventif dan tindakan simpati, persuasif, edukatif dan humanis kepada masyarakat agar taat berlalu lintas dan taat protokol kesehatan.