PALAS - Wakil Bupati Padanglawas (Palas) drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi secara menutup kegitan sosialisasi dan simulasi pelatihan Kampung Siaga Bencana (KSB) yang dipusatkan di Desa Pintu Padang, Kecamatan Ulu Barumun. Pelatihan KSB oleh Kementerian Sosial RI dan Dinas Sosial Kabupaten Palas sebagai upaya kesiapsiagaan terhadap daerah yang memiliki potensi rawan bencana alam seperti gempa bumi dan banjir.

"Dengan adanya pelatihan simulasi kesiapsiagaan bencana ini memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat untuk bisa menjadi penggiat sebelum terjadi,saat terjadi dan setelah terjadi bencana," kata Wabup Zarnawi, Kamis (30/9/2021).

Oleh karena itu, lanjut Zarnawi dengan ada pelatihan KSB ini, ke depan masyarakat memiliki kemampuan dan keahlian serta menguasai manajemen kebencanaan, baik secara konseptual maupun teknis.

Ia berharap masyarakat yang telah mengikuti pelatihan dapat meningkatkan kesiapsiagaan mitigasi bencana dan mengurangi risiko bencana di sejumlah kawasan yang dinilai rawan, jelasnya. 

Maka dari itu, sambung Wabup, pelatihan KSB ini salah satu faktor penting yang harus dimiliki kader tentang beragam pelatihan terkait kebencanan.

Kata Wabup, simulasi pelatihan KSB yang diberikan Kementerian Sosial RI bersama Dinas Sosial Palas bagi sejumlah daerah yang rawan dan memiliki potensi terjadi bencana alam seperti banjir dan gempa bumi.

Ditambahkan Wabup, warga yang mengikuti pelatihan KSB berasal dari enam desa di wilayah Kecamatan Ulu Barumun yang dilatih oleh Kementerian Sosial, Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Palas serta tim pengarah dari Dinas Sosial Kabupaten Palas.