PALAS - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Sosa Timur, Kabupaten Padanglawas mencanangkan program pengentasan kemiskinan.
Salah satu program ini menjadi prioritas di TP PKK Kecamatan dan desa di wilayah Sosa Timur sebagai bentuk peran membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan ditengah situasi pandemi Covid 19 saat ini.

Selain program pengentasan kemiskinan, ada sejumlah program yang dicanangkan untuk pemberdayaan masyarakat dan pembangunan.

Pj Camat Sosa Timur, Kartim mengatakan, PKK memiliki peran penting membantu pemerintah untuk menjalankan program mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Program pengentasan kemiskinan sangat penting untuk dilakukan dengan langkah memberdayakan masyarakat untuk mendapatkan lapangan pekerjaan," terangnya, Rabu (29/9/2021).

Kata Kartim, pemerintah Kecamatan Sosa Timur terus membangun komunikasi yang baik untuk menjalin sinergi dengan semua pihak ternasuk masyarakat guna terwujudnya kebersamaan yang memberikan kontribusi untuk peluang lapangan pekerjaan.

“Saat ini sedang berjalan program pemberdayaan PKK dengan melibatkan karang taruna di setiap desa dengan melaksanakan pelatihan hidroponik yang menghasilkan sumber sayur mayur yang sehat untuk dikomsumsi," terangnya.

Pj Camat menjelaskan, program tersebut telah dilaksanakan Desa Pir 1B, Desa Gunung intan dan akan menyusul desa yang lain yang akan mengikuti jejak desa yang telah berhasil dengan pelatihan hidroponik ini.

“Hidroponik adalah pola tanam tanpa media tanah dan dapat mnghasilkan berbagai jenis tanaman sayur mayur yang sehat," imbuhnya.

Melalui pola tanam hidroponik ini diharapkan bisa menambah pendapatan di tengah keluarga yang saat ini terus dibina oleh TP PKK Kecamatan Sosa Timur.

Ia berharap, program binaan PKK ini dapat terus berlanjut di masing masing desa untuk berkreasi mengembangkan program ekonomi kreaktif yang bermanfaat untuk tambahan sumber ekonomi keluarga.

Program mengembangkan industri industri kecil, sambung Kartim, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Dengan memanfaatkan pekarangan yang ada untuk dikelola menanam sayur mayur dan lainnya.

Di lain sisi, sambungnya, program pemerintah bidang kesehatan juga harus disukseskan dengan mensosialisasikan dengan masyarakat tentang penerapan pola hidup sehat dan bersih sebagai upaya menjaga kesehatan bersama.

Program PKK juga berperan membantu Pemerintah di bidang Pendidikan agar masyarakat tidak buta aksara.

"PKK Sosa Timur terus bersinergi dengan Pemerintah dan masyarakat untuk dapat menuntaskan anak anak yang putus sekolah yang ada di masing masing desa sebagai wujud mencerdaskan anak bangsa," tukas Kartim.