LHOKSEUMAWE - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Achmad Marzuki meninjau pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112 Kodim 0103 Aceh Utara di Desa Cot Trieng, Kecamat Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Rabu (29/9/2021).


Dalam kesempatan itu, Pangdam IM Mayjen TNI Achmad Marzuki menegaskan agar kemanunggalan TNI dan rakyat terus dibina dan dipupuk, sehingga TNI benar-benar menjadi bagian dari rakyat.

Kedatangan Pangdam IM dan rombongan disambut Dansatgas TMMD Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto sekaligus memberikan penjelasan terkait program yang sedang dijalankan Satgas TMMD ke 112.

Usai mendengarkan paparan terkait pelaksanaan program TMMD ke - 112, Pangdam beserta rombongan meninjau langsung sasaran Fisik Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Yusnidar janda anak tiga di Desa Cot Trieng.

Dalam kesempatan itu, Pangdam IM mengatakan pelaksanaan pembangunan RTLH diharapkan lebih maksimal lagi. Pihaknya menginginkan pelaksanaan RTLH dapat berjalan dengan baik dan sesuai target yang diharapkan.

“Kami harapkan agar pelaksanaan RTLH dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang ingin dicapai,” tegasnya, Rabu (29/9/2021).

Kegiatan TMMD yang berlangsung selama 30 hari sejak pembukaan tanggal 15 September 2021 dan akan berakhir tanggal 15 Oktober 2021, Pangdam IM berpesan dua hal yang menjadi fokus yakni sasaran fisik terutama pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat dan yang kedua sasaran non fisik.

“Keduanya harus berjalan seiring baik pembangunan fisik maupun non fisik. Khusus non fisik terus gencar dilakukan penyuluhan terkait masalah kesehatan, apalagi saat ini sedang musim pandemi covid – 19, selanjutnya soal penyuluhan narkoba juga terus dilakukan terus menerus, sekaligus wawasan kebangsaan dan bahaya laten PKI serta terorisme,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam laporannya Menurut Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto menyampaikan, proses pengerjaan selalu melibatkan unsur masyarakat.

“Program yang dilaksanakan pada TMMD ini fokus kepada pembenahan pembangunan fisik seperti pembukaan jalan, perbaikan rumah tidak layak huni dan normalisasi saluran Tambak,” jelasnya.