LHOKSEUMAWE – Praktisi pertanian holtikultura, tanaman padi dan tanaman keras lainnya Ahmad melakukan ujicoba melakukan pemupukkan menggunakan pupuk organik cair jenis Jamu Sehat Tanaman (JST), Nutrisi Bio Remidiasi (NBR) ditambah Asamamino disuntikan lewat akar pohon manga, ternyata setelah satu bulan hasilnya memuaskan, karena pohon mangga sudah mulai berbuah.

"Ada pohon mangga pertumbuhannya kurang sehat, kita coba infus akar dengan menggunakan pupuk organik cair jenis JST, NBR dan ditambah asam amino, dan hasilnya setelah 1 bulan tanaman tersebut tampak subur dan mulai berbuah, padahal ditanam sudah 10 tahun lalu tidak pernah berbuah, sekarang setiap ranting mulai berbunga," ungkap salah seorang praktisi pertanian Ahmad yang sering dipanggil Panglima, kepada GoSumut, Senin (27/9/2021).

Tidak hanya itu, saat ini Ahmad juga tanam padi miliknya tidak lagi menggunakan pupuk kimia, melainkan menggunakan pupuk organik baik padat maupun cair. Bahkan dirinya sudah beberapa kali panen padi dan hasilnya sangat bagus.

“Nasinya enak sekali, sangat pulen, harga jual juga mahal, malah sekarang sudah banyak yang pesan beras organik,” tuturnya.

Khusus beras, kata Panglima, sudah cukup banyak yang pesan, namun stok tidak cukup, sementara harga jual dipasarkan cukup mahal.

"Oleh karena itu anggota kelompok tani yang tergabung dalam wadah Lumbung Cot Mampong banyak menggunakan pupuk organik cair maupun padat," katanya.