PALAS - Operasi Patuh Toba tahun 2021 yang dilaksanakan Satlantas Polres Padanglawas (Palas)berbeda dibanding tahun sebelumnya. Karena lebih memfokuskan pada kepatuhan disiplin prokes bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi melalui Kasat Lantas, AKP Alfian Arbi SH, Senin (27/9/2021) disela kegiatan Operasi Patuh Toba 2021 di titik lokasi simpang empat Pasar Sibuhuan, Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan.

Dalam pelaksanaan kegiatan Operasi Patuh Toba ini pihak Polres Palas sebutnya, menggandeng Tim Gugus tugas Covid-19 Padanglawas (Palas) untuk komitmen melakukan tindakan simpatik dan humanis,sesuai maklumat Kepala Kepolisian Daerah Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra.

Melalui Operasi Patuh Toba ini dapat meningkatkan ketaatan masyarakat dalam memperhatikan prokes dan dapat mengendalikan tingkat penyebaran Covid-19 di tengah pandemi saat ini.

Hal ini dilaksanakan, kata Kasat Lantas karena situasi masih dalam penyebaran Covid-19. Sehingga Operasi Patuh Toba difokuskan upaya penanganan memutus mata rantai pandemi Covid-19 serta mencegah terjadinya kerumunan massal.

Dalam operasi ini, juga diberikan imbauan dan sosialisasi kepada pengguna jalan raya agar tetap mengikuti peraturan lalu lintas sehingga terciptanya Kamseltibcar Lantas.

Selain itu, sambung Alfian untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang lalu lintas karena penting menjaga keselamatan dijalan, dengan tidak menaikkan penumpang diatas cup, memakai helm standart, melawan arah, menghidupkan lampu utama pada siang hari.

Kegiatan Operasi Patuh Toba 2021 ini dirangkai dengan himbauan serta edukasi kepada masyarakat agar tetap mengikuti prokes di dalam masa Pandemi Covid -19.

"Bagi penguna jalan raya yang tidak mengunakan masker, petugas membagikan masker dan penempelan stiker Ayo Pakai Masker kepada masyarakat dan pengguna jalan raya," ujarnya.