LHOKSEUMAWE – Kawasan perladangan lahan gambut  seluas 1 hektar di Desa Naga Timbul, Kecamatan Lauser, Kabupaten Aceh Tenggara sekitar pukul 18.00 WIB terbakar, Selasa (21/9/2021), membuat sejumlah personel Babinsa dari Posramil Lauser bersama warga berjibaku memadamkan api yang mulai melabar itu. Danposramil Lauser Pelda Samsul Bahri Sinurat, Rabu (22/9) mengatakan, pemadaman karhutla saat ini berlokasi di desa Naga Timbul, kecamatan Leuser. Kebakaran bermula diketahui dari alat satelit Lapan Hotspot.

Menurut Danposramil, kebakaran lahan terjadi disebabkan kesengajaan dibakar oleh pemilik lahan untuk membuka kebun yang akan ditanami jagung seluas 1 hektar lebih, namun ternyata api semakin besar dan sulit dipadamkan oleh pemilik kebun.

“Kondisi seperti ini sangat membahayakan, karena membakar tumpukan sampah rumput yang sudah kering sehingga  api cepat membesar dan merembet luas ke lahan  lainnya,” katanya.
Sebagaimana diketahui,  tahun 2021 ini hingga September kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah kabupaten Aceh Tenggara sudah acapkali terjadi dan sedikitnya sudah  puluhan hektar lahan yang terbakar.

Dihimbau kepada masyarakat, untuk menjaga dari kebakaran hutan, baik itu selebaran yang ditempel di fasilitas umum dan warung maupun sosialisasi dan patroli oleh Babinsa TNI bersama perangkat desa  juga telah sering dilakukan.

Atas kejadian Karhutla tersebut, akan dilakukan pemanggilan kepada pemilik lahan. Selain untuk dimintai keterangan juga akan membuat surat perjanjian dengan tujuan agar tidak mengulanginya kembali. Hal ini dilakukan agar menjadi contoh bagi masyarakat yang lain.