MEDAN - Polsek Pancur Batu, Deliserdang, Sumatera Utara, menyelidiki kebakaran Pondok Meditasi Vihara Rakhitavana Buddhist Centre. Komunitas Tionghoa menduganya dipicu oleh orang tak dikenal (OTK). Pondok meditasi yang berada di Jalan Letjen Jamin Ginting, Desa Bintang Meriah, Kecamatan Pancur Batu, Sumatera Utara, terbakar pada 4 September 2021.

"Kami masih melakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi saksi. Itu bukan vihara, tapi seperti bangunan, coba tanya saja bukan vihara itu," kata Kapolsek Pancur Batu Kompol Dedy Darma kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (18/9).

Saat ditanya lebih jauh terkait kasus itu termasuk dugaan dibakar oleh OTK, Dedy enggan menanggapinya.

"Kami masih panggil saksi saksi apakah sebelumnya ada masalah. Belum ada yang diamankan, untuk dugaan sengaja dibakar, kami tak bisa menduga-duga. Buat aja di situ masih diselidiki," pungkasnya.

Terpisah, Ketum DPP Solidaritas Indonesia Tionghoa Demokrasi (SOLITD) Herri Zulkarnaen Hutajulu mendesak aparat kepolisian agar segera mengungkap kebakaran tersebut.

"Kami sangat mengecam tindakan pembakaran ini. Kita harapkan polisi segera mengusut dan menangkap pelaku," ujar Herri.

Herri mengimbau masyarakat agar tidak terpancing dengan peristiwa itu. Karena itu, dia berharap aparat kepolisian segera menangkap pelaku yang diduga membakar bangunan tersebut.

"Saya harap semua umat jangan terpancing dan kita berharap polisi dapat dengan cepat menangkap pelaku yang terlibat dalam peristiwa ini," paparnya.*