SAMOSIR - Data terbaru perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Samosir hingga, Jumat (17/9/2021) tambah 4 kasus baru, 2 sembuh, 1 meninggal, dan 34 kasus aktif.

Sementara stok vaksin yang masih tersedia sebanyak 40 Sinovac (Multidose), 4 AstraZeneca, 305 Moderna, dan 20.962 Sinovac (Dosis 2), total 21.311 dosis. Total warga yang sudah tuntas vaksin dosis 1 dan 2 sebanyak 84.404 orang.

Dalam hal vaksinasi, Samosir berada pada posisi kedua tertinggi dengan 77 persen total vaksinasi dan mendapat pasokan 20 ribu dosis vaksin. 

Bupati Samosir bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) serta Satgas penanganan Covid-19 Samosir menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut mendukung keberhasilan pelaksanaan vaksinasi di Samosir. 

Dengan persediaan vaksin sebesar 21.311 dosis, berarti percepatan vaksinasi akan tetap diintensifkan. Untuk itu, Satgas bersyukur atas ketersediaan pasokan vaksin untuk disampaikan kepada penerima manfaat.

Harapannya, herd immunity (kekebalan komunal) segera terbentuk sebagai akumulasi vaksinasi yang dilakukan setiap hari di seluruh Puskesmas di Kabupaten Samosir. 

Terkait zonasi, Samosir memiliki 13 desa zona kuning dan 121 desa zona hijau.

Seiring dengan peningkatan sembuh dan minimnya angka konfirmasi positif, Satgas berharap beberapa hari ke depan ada penurunan jumlah desa pada zona kuning dan pada zona hijau dapat dipertahankan dengan tetap melakukan Instruksi Bupati (Inbup) Samosir Nomor 9 Tahun 2021.

Tidak lupa, Satgas tetap mengimbau setiap keluarga melindungi para anggota keluarga penderita penyakit penyerta dengan membatasi mobilitas mereka agar tidak memasuki wilayah-wilayah padat interaksi. 

Satgas Kecamatan dan Desa juga diinstruksikan agar tetap melakukan pemantauan dan pengawasan di wilayahnya masing-masing terutama pelaksanaan adat kematian dengan protokol kesehatan agar tidak terjadi transmisi Covid-19.

Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom selaku Ketua Satgas penanganan Covid-19 Samosir, menyampaikan turut berdukacita atas meninggalnya satu orang warga Samosir, yaitu MS (61) laki-laki, warga Aek Baringin, Aek Sipitudai Sianjur Mula-mula, Samosir, Sumatera Utara.

MS meninggal dunia di RSUD dr. Hadrianus Sinaga Pangururan, Jumat (17/09/2021), pukul 03.50 Wib saat dirawat isolasi dengan diagnosa Covid-19 dan TB Paru.

"Kiranya keluarga yang ditinggalkan tetap diberikan Tuhan kekuatan dan penghiburan dalam melalui dukacita ini," ucap Bupati.

Berikut data 13 Desa di Samosir yang masih berstatus zona kuning:

- Kecamatan Simanindo (Desa Huta Ginjang, Desa Simarmata, dan Desa Cinta Dame).

- Kecamatan Panguruan (Desa Sait Nihuta, Desa Pardomuan 1, Desa Hutanamora, dan Desa Parsaoran I).

- Kecamatan Harian (Desa Huta Galung).

- Kecamatan Palipi (Desa Gorat Pallombuan).

- Kecamatan Nainggolan (Desa Pananggangan).

- Kecamatan Onan Runggu (Desa Janji Matogu, Desa Sitinjak).

- Kecamatan Ronggur Nihuta (Desa Sabungan Nihuta).