TAPSEL - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Dolly Pasaribu, SPt, MM meninjau pelaksanaan seleksi Kompetensi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) yang berlangsung di SMAN 1 Sipirok dan SMKN 1 Sipirok, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel, Rabu (15/9/2021). Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengingatkan kepada sejumlah peserta yang mengikuti tes untuk tetap mematuhi protokol kesehatan terutama memakai masker dan menjaga jarak.

Bupati mengatakan peserta tes P3K ini sudah mengabdi cukup lama, sehingga pengalaman yang dimiliki sudah banyak untuk bisa menjawab semua soal ujian.

“Ini menjadi kesempatan untuk mereka yang sudah honor sekian tahun untuk bisa lulus P3K, walaupun tidak memperbesar jaminan mereka untuk lulus, namun dengan pengalaman mereka pasti bisa melalui tahapan seleksi ini,” ujarnya.

Ia juga menyatakan kemampuan peserta memberikan kontribusi dalam menentukan kelulusan. "Tinggalkan pola pikir lama, karena tidak akan ada celah atau orang yang menawarkan pertolongan agar diluluskan dengan jalur-jalur khusus. Ini sudah tersistem melalui komputerisasi. Sistem skoring akan langsung menilai, apakah bapak, ibu peserta lulus atau tidak," ujarnya.

Sementara Kadis Pendidikan Tapsel Amros Karangmatua dalam laporannya menyampaikan, jumlah peserta ujian P3K jabatan fungsional guru diikuti sebanyak 991 peserta. Sedangkan pelaksanaan ujian P3K ini dilaksanakan selama 4 hari yang dimulai pada tanggal 13 sampai 16 September 2021.

Pelaksanaan digelar di dua tempat, SMAN 1 Sipirok dan di SMKN 1 Sipirok.