PALAS - Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Sibuhuan Bahtiar Sitepu SH MH diwakili Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi Timbul Halomoan Sinaga SH, menerima kunjungan dari Intel Kodim 0212/TS dalam rangka koordinasi keadaan situasi rutan dan warga binaan. "Kunjungan ini juga untuk koordinasi antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban yang tidak diinginkan sebagai akibat dari kejadian terbakar lembaga permasya rakatan Tanggerang yang menewaskan 44 narapidana," kata Rudi, Jumat (10/9/2021).

Kunjungan Intel Kodim 0212/TS ke Rutan Klas II B Sibuhuan, kata Rudi bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan sinergitas dalam pelaksanaan tugas Rutan dan Kodim 0212/TS yang saling berkesinambungan untuk bangun sinergitas dalam menjaga kekondusifan.

Rudi berharap, dengan terjalinnya silaturahmi ini, maka koordinasi dan kerjasama antara Rutan dan Kodim untuk kedepannya bisa lebih maksimal.

"Harapan kedepan, frekuensi sambang dari Kodim 0212/TS ini ke Rutan bisa lebih sering serta respon cepat apabila terjadi gangguan keamanan dan ketertiban," harapnya.

Rudi menjelaskan, Rutan Kelas II B Sibuhuan merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Kabupaten Palas yang berfungsi sebagai Rutan.

Saat ini Rutan Klas II B Sibuhuan, dihuni sebanyak 114 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) dengan rincian, WBP laki laki sebanyak 112 orang, wanita sebanyak 2 orang dan Tipiter kosong.

"Berkat sinergitas yang baik antara Rutan dengan Kodim 0212/TS serta Polres Palas, kondisi rutan dalam situasi aman, terkendali dan kondusif," ungkap Rudi menberi keterangan kepada Intel Kodim 0212/TS, Serma D.A Harahap.

Menyahuti penjelasan Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Klas II B Sibuhuan, Intel Kodim 0212/TS, Serma D.A Harahap mengatakan, siap mendukung dan memberikan bantuan rutan dalam hal pengamanan menjaga ketertiban dan keamanan.

Ia berharap, segera melaporkan informasi sebagai data awal untuk bisa mengantisipasi kemungkinan yang terjadi jika terjadi sesuatu yang menimbulkan gangguan ketertiban dan keamanan.

"Melalui sinergitas ini akan terbangun kerjasama yang baik untuk menjaga kekondusifan bersama termasuk terhadap warga binaan di Rutan Sihuhuan," timpal Harahap.