PALAS - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padanglawas memperingati Hari Olahraga Nasional(Haornas) ke 38, di lapangan Madrasah, Kamis (9/9/2021) yang diikuti siswa atlit olahraga dan guru pembimbing. Momentum peringatan Haornas ke 38 dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti sepakbola, lari sprint serta senam ritmik ahoi Medan sebagai ajang menumbuhkan semangat olahraga dan menjaga kebugaran jasmani ditengah pandemi Covid 19.

Kepala MTsN 1 Palas, Hj.Mahnidar Azwarni Nasution, S.Ag secara resmi membuka kegiatan perlombaan dalam rangka memeriahkan Peringatan Haornas ke 38 tahun 2021.

"Sesuai tema Haornas ke 38, mari kita bangun rasa solidaritas dan memupuk serta menumbuhkan jiwa sportivitas untuk membangun kekompakan sesama siswa maupun guru guru di lingkungan madrasah," pesannya.

Ia berharap, momentum Haornas bisa menjadi spirit membangun semangat budaya olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan sesuai motto di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Kata Mahnidar, Haornas merupakan momentum yang tepat untuk kembali mengingatkan kita semua untuk membangun budaya olahraga.

Dengan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, lanjutnya, sesuai slogan yang harus terus diimplementasikan secara baik dan benar khususnya dikalangan siswa dan masyarakat.

Budaya olahraga yang kuat merupakan wahana untuk bersemainya atlet-atlet bertalenta untuk mencari prestasi olahraga.

"Mari kita budaya olahraga yang kuat dengan meraih prestasi yang menjadi kebanggaan madrasah dan daerah kabupaten Palas," pinta ke seluruh siswa yang memiliki bakat olahraga.

Olahraga juga bisa menumbuhkan hal-hal positif terhadap seseorang, seperti menumbuhkan budaya disiplin, konsistensi, kompetisi, persahabatan, kesatuan dan persatuan serta perdamaian.

Selain itu, ia juga mengajak dan menghimbau para guru yang membidangi mata pelajaran olahraga, untuk menggerakkan siswa dalam mewujudkan pembudayaan olahraga melalui penyediaan sarana dan prasarana yang ada sebagai ajang kreasi pendidikan maupun prestasi.

Kepala MTsN 1 Palas di dampingi Kepala TU dan para wakil kepala madrasah secara resmi membuka pertandingan kompetisi sepak bola antar kelas yang ditandai dengan tendangan pertama bola kelapangan halaman madrasah.

Sebelumnya Ketua Panitia Haornas MTsN 1 Palas,Yagi Aryolukti Nasution S.Pd bersama Kordinator bidang olahraga,Nasran Efendi Nasution S.Pd mengatakan, ada tiga cabang olahraga yang di perlombakan yaitu Sepak bola, Atletik Lari Sprint serta Senam Ritmik Ahoi Medan.

"Perlombaan akan berlangsung mulai 9 sampai 13 September 2021," terang Yagi.

Ia menambahkan, pada acara penutupan perlombaan nantinya yang akan ditutup secara langsung oleh Kakan Kemenang Palas, H.Abdul Manan SH akan dirangkai dengan penyerahan tropi, sertifikat serta hadiah kepada masing masing pemenang.