LABUHANBATU – Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak di damping Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan, dan Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap, serta para PJU Polres Labuhanbatu meninjau pelaksanaan vaksinasi merdeka di Pondok Pesantren Daarul Muhsinin Dusun Janji Manahan Kawat, Desa Tanjung Siram, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (7/9/2021).

Sesampainya di Pesantren Daarul Muhsinin, Kapolda Sumut juga berbincang dan bersenda gurau dengan santri yang sedang divaksinasi.

"Mudah-mudahan vaksinasi merdeka di Ponpes Daarul Muhsinin bisa membantu program pemerintah dalam mempercepat vaksinasi dan membentuk imunitas masyarakat agar terhindar dari Covid-19," sebut Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.

Adapun jumlah santri dan masyarakat yang divaksin di Pondok Pesantren Daarul Muhsinin sebanyak 1.524 orang dengan 152 vial vaksin yang digunakan.

Selain itu, Kapolda Sumut memberikan bantuan sosial kepada Pondok Pesantren Daarul Muhsinin berupa beras sebanyak 1 ton, 200 Kg gula pasir, dan 50 kotak mie instan.

Vaksinasi merdeka ini juga dilaksanakan di Asrama Haji Rantau Prapat Jalan Sisingangara, Kelurahan Ujung bandar, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu dan di Pondok Pesantren Alliful Ikhwan Saa Desa Aek Goti, Kecamatan Silangkitang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Di wilayah Labuhanbatu dilaksanakan vaksinasi merdeka di 3 titik yaitu Masjid Raya Al Ikhlas Rantauprapat dengan sasaran sebanyak 1.090 orang, Pondok Pesanten Aliful Ikhwan SAA Silangkitang dengan sasaran sebanyak 502 orang, Pondok pesantren Darul Muhsinin dengan sasaran sebanyak 1.524 orang, dengan total keseluruhan mencapai 3.116.

Peninjauan ini juga dihadiri Dir Krimsus Polda Sumut, Kombes Pol Jhon C. E. Nababan, Dansat Brimob Polda Sumut, Kombes Pol Suheru, para Perwira Polres Labuhanbatu, Ketua MUI Labuhanbatu, Darwis Husein, Kakan Kemenag Labuhanbatu, H. Safiruddin Harahap, Ketua Yayasan Pondok Pesantren, H. Harri Muktasar, Staf Sus Presiden, Ahmad Riduan Hasibuan, dan Nakes dari Puskesmas Lingga Tiga, Puskesmas Gunung Selamat, dan Puskesmas Perbaungan Kecamatan Bilah Hulu.