TAPSEL - Petani kelapa sawit di Tapanuli Selatan (Tapsel) mendapatkan angin segar sebab harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kecamatan Muara Batang Toru merangkak naik. Para petani kelapa sawit di Muara Batangtoru pun saat ini meningkatkan produksinya.

Imam (53) Petani Kelapa Sawit di Kecamatan Muara Batang Toru mengaku senang dengan kenaikan harga TBS kelapa sawit dan bertahan stabil sampai dengan saat ini. 

Kebun sawit miliknya yang luasnya sekitar 5 hektar saat inj mampu berproduksi 2 ton sekali panen. 

“Minggu Kemarin harganya memang naik Rp 1700 perkilonya, di dua minggu yang lalu harganya Rp 1680, sekitar Rp 20 perkilogramnya mengalami kenaikan,” kata Imam (53) Petani Kelapa Sawit di Kecamatan Muara Batang Toru, Jumat (3/9/2021).

Imam mengatakan dengan harga TBS yang naik sangat membantu masyarakat di tengah masih mewabahnya pandemi Covid-19 terutama petani sawit.

"Alhamdulillah, pada Agustus 2021 harga TBS mengalami kenaikan dan stabil. Jadi kita agak terbantu dari pendapatan. Semoga dengan kondisi ini para petani sawit bertambah semangatnya,” pungkasnya.

Ia berharap harga pembelian TBS kelapa sawit oleh seluruh pabrik minyak kelapa sawit di daerah, mengalami peningkatan agar kesejahteraan petani sawit setempat semakin baik.