PALAS - Memasuki hari ketujuh proses pencarian yang dilakukan oleh tim gabungan terhadap warga Desa Sihiuk, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padanglawas, Parlaungan Hasibuan (47) akhirnya dihentikan Tim SAR Parapat. Penghentian pencarian itu disebabkan kondisi alam yang terus hujan serta derasnya aliran Sungai Barumun dengan kondisi air keruh dan selama 7 hari pencarian juga tidak membuahkan hasil.

Hingga akhirnya, tim gabungan SAR Danau Toba Parapat, BPBD Palas, TNI-Polri, Pemerintah Kecamatan dan Desa disetujui pihak keluarga Parlaungan Hasibuan, bersepakat memutuskan untuk tidak melanjutkan pencarian alias dihentikan.

Hal itu disampaikan Danpos SAR Danau Toba Parapat, H.Turnip saat ditemui di kantor BPBD Palas Jalan Baginda Suadoun, Kecamatan Barumun, Selasa (24/8/2021) petang.

Kata Turnip, pencarian sudah sesuai SOP Standart Operasional (SOP), karena pencarian terhadap Parlaungan Hasibuan sudah dilakukan selama delapan hari.

"Berdasarkan pertimbangan teknis di lapangan serta hasil evaluasi tim SAR gabungan dan keluarga korban, diputuskan untuk menghentikan pencarian terhadap korban," terangnya.

Tim SAR Danau Toba Parapat, sebelumnya juga telah melakukan proses pencarian dengan menyisir aliran sungai Barumun sudah sejauh hampir 70 kilometer dari titik nol saat ditemukan sepeda motor milik Parlaungan Hasibuan.

“Kami memohon maaf belum bisa menemukan korban setelah melakukan pencarian hampir delapan hari di aliran sungai Barumun," tutur Turnip kepada pihak keluarga dan pihak pemerintah setempat.

Terkait penghentian pencarian ini, sambung Turnip, pihaknya juga sudah menemui dan memohon izin pamit kepada pemerintahan Desa Sihiuk dan juga kepada istri Parlaungan Hasibuan, Nurhayani Siregar beserta keluarga.

Turnip menambahkan, dari awal pertama proses pencarian yang dilakukan pihaknya pada Selasa (17/8/2021) lalu bersama tim gabungan Polri dan TNI, telah menemukan kotak strum alat penangkap ikan dan kunci serta pisau lipat yang merupakan milik dari Parlaungan Hasibuan.

"Alat strum ikan, jirigen berserta kunci sepeda motor kita temukan di sekitar lokasi dan bantaran aliran Sungai Barumun yang berlokasi di aliran dekat Desa Sipagabu, saat dilakukan proses pencarian bersama warga desa setempat," tandasnya.