DELISERDANG - Pelaku penembak mati Aiptu Josmer Samsuardi Manurung, Yones Siondihon Naibaho ternyata dari arah belakang. Fakta itu terungkap saat konferensi pers kasus penembakan anggota Ditresnarkoba Polda Sumut yang digelar di Aula terbuka Polresta Deli Serdang. 

"Jadi, keterangan sebelumnya bahwa korban tewas ditembak dari depan. Setelah digali lebih dalam lanjut, fakta terbaru pelaku menembaknya dari arah belakang," ujar Dirreskrimum Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja SIK dalam keterangan siaran persnya kepada wartawan didampingi Kabid Humas, Kombes Hadi Wahyudi SIK dan Kasatreskrim, Kompol Muhammad Firdaus SIK SH MH, Kamis (19/8/2021) malam. 

Tatan menegaskan, fakta terbaru selain menembak mati korban dari arah belakang, diketahui juga soal cara penembakan yang dilakukan pelaku. 

"Dari hasil pemeriksaan, pelaku tidak merampas senjata api lalu menembak mati korban. Tetapi mengambil senpi milik anggota Polri dari lemari kabinet di lokasi kejadian. Kemudian disimpannya di bawah kasur," tegas mantan Wakapolrestabes Medan ini. 

Tatan menyebut, pelaku mengambil senjata api sewaktu korban pergi keluar sebentar dari tempat kejadian.

"Sepulang pergi ke luar, dia (Josmer Samsuardi Manurung) hendak melihat senjata apinya berada di kabinet. Seketika itu juga, pelaku mengambil pistol yang disimpannya di bawah kasur. Lalu menembak dari arah belakang hingga peluru tembus ke bagian depan kepala dan tewas bersimbah darah," sebut mantan Kabid Humas Polda Sumut ini. 

Terhadap pelaku, kata Tatan dijerat pasal 338 subsider 340 KUHPidana dengan ancaman mati atau seumur hidup.

"Mengenai senpi korban, saat ini sedang dilakukan uji balistik di Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sumut," pungkas lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 1996.

Sebelumnya, Anggota Ditresnarkoba Polda Sumut, Aiptu Josmer Samsuardi Manurung (44) tewas ditembak di Kabupaten Deliserdang, Selasa (17/8/2021) malam.

Warga Gang Melati Jalan Kebun Sayur, Desa Limau Manis, Kecamatan Tanjung Morawa ini merenggang nyawa di ladang miliknya Jalan Sultan Serdang, Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Morawa.

Korban tewas dengan luka tembakan di bagian kening yang dilakukan Yones Siondihon Naibaho (20), saudara dari istri korban.