PALAS - Wakil Bupati Padanglawas (Palas) drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi, mengunjungi posko team pencarian orang hilang, Kamis(19/8/2021) di Desa Sihiuk, Kecamatan Lubuk Barumun.

Ikut serta mendampingi Wabup pada kunjungan ini, Plt Kasatpol PP dan Damkar Palas, Al Hamidi Hasibuan dan Kepala Inspektorat Palas, Inspektur Harjusli Fahri Siregar SSTP MSi.

Sesuai laporan warga, Parlaungan Hasibuan (47) warga Desa Sihiuk telah hilang selama 4 hari. Korban diduga hanyut terbawa arus sungai Barumun.

Dalam Kunjungannya tersebut Wabup Zarnawi langsung berkoordinasi dengan Komandan POS SAR Parapat Danau Toba, Turnip, Camat Lubuk Barumun, BNPB serta Personil TNI/Polri serta warga setempat.

Wabup Zarnawi memberikan dorongan dan motivasi kepada seluruh team pencarian agar terus melakukan pencarian semaksimal mungkin sebagai upaya kegiatan kemanusian.

Ditempat yang sama, Danru Resque Pos SAR Danau Toba, Herlan dalam laporannya seusai melakukan pencarian mengatakan, pihaknya telah melakukan penyisiran sepanjang arus sungai sepanjang 20 Km dengan membongkar tumpukan-tumpukan yang ada disepanjang arus sungai. Selain itu juga telah mengumpulkan informasi dari warga disepanjang aliran sungai untuk melengkapi usaha pencarian orang hilang tersebut.

Herlan menjelaskan, berdasarkan pengalaman jika arus sungai seperti ini kemungkinan korban yang hanyut, telah jauh terbawa arus.

"Besok kami lanjutkan pencarian dan kami upayakan memperpanjang jangkauan pelarungan untuk mencari warga yang hilang tersebut disepanjang sungai Barumun ini," tambahnya.

Dalam kunjungan ke posko team pencarian, warga melaporkan kepada Wakil Bupati, potongan alat penangkap ikan yang kemungkinan milik dari Parlaungan yang berada di sungai di daerah Sipagabu. Sehingga kemungkinan warga pencari ikan ini, hanyut terbawa arus sungai Barumun.